Sukses

Perbaikan Stasiun Klender Diperkirakan 1 Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran di Stasiun Klender, Jakarta Timur menghanguskan hampir seluruh bangunan stasiun tadi pagi. Guna memberikan pelayanan kepada masyarakat, PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) akan menyediakan fasilitas sementara di stasiun tersebut.

"Sebagai langkah agar Stasiun Klender dapat segera kembali melayani pengguna, PT KCJ akan mempersiapkan pelayanan ticketing sementara. Di area stasiun akan dibangun hall sementara dengan dua loket dan lima gate elektronik baru, untuk melayani pengguna," ujar Humas PT KCJ Eva Chairunisa, dalam keterangan tertulis, Jumat (19/5/2017).

Eva menjelaskan, pelayanan tersebut akan mulai dilakukan setelah sepekan pasca-kebakaran. Sebab, proses perbaikan stasiun diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu pekan.

"Pembangunan dan persiapan fasilitas pelayanan sementara ini diperkirakan memerlukan waktu selama satu pekan," ujar dia.

Menurut Eva, bila pekerjaan tersebut selesai kurang dari satu pekan dan stasiun siap dibuka kembali, PT KCJ akan mengumumkan melalui berbagai media informasi seperti di stasiun, dalam KRL, situs, hingga media sosial.

Kebakaran di Stasiun Klender, kata Eva, selain merusak fisik stasiun, juga berdampak ke perangkat gate elektronik sebagai salah satu fasilitas penting dalam sistem tiket elektronik KRL.

"Sementara itu perangkat mesin di loket masih dapat diselamatkan," dia melanjutkan. 

Penambahan Personel

Eva mengatakan, selama masa pembangunan di Stasiun Klender, pengguna yang biasa naik maupun turun di stasiun tersebut, dapat menggunakan Stasiun Buaran dan Stasiun Jatinegara sebagai alternatif.

Menurut Eva, di kedua stasiun tersebut PT KCJ telah menyiapkan petugas pelayanan dan pengamanan tambahan, untuk antisipasi peralihan pengguna dari Stasiun Klender. 

"Mengingat kapasitas kedua stasiun tersebut sementara akan bertambah, PT KCJ mengimbau para pengguna untuk selalu mengutamakan keselamatan," ujar dia.

Eva berharap, pengguna tidak memaksakan diri masuk kereta apabila KRL penuh. Dia kembali mengimbau kepada para pengguna yang sebelumnya telah membeli tiket di Stasiun Klender belum sempat digunakan, agar segera menukarkan tiket.

"PT KCJ kembali menginformasikan bagi para pengguna di lintas Bekasi - Manggarai, yang hari ini tidak jadi menggunakan KRL dan membatalkan perjalanan, bahwa pengembalian tiket dapat dilayani di loket-loket stasiun hingga Senin 22 Mei 2017," kata dia.

"Sehingga para pengguna yang hari ini maupun akhir pekan nanti masih memiliki waktu untuk dapat mengurus hal ini di loket selama tiga hari ke depan," Eva menandaskan.

Kebakaran Stasiun Klender, Jakarta Timur, terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Kebakaran ini sempat mengakibatkan perjalanan KRL tujuan Bekasi - Jakarta Kota dan sebaliknya terganggu.

 

Artikel Selanjutnya
PT KAI: Arus Mudik dari Jakarta Naik 18 Persen
Artikel Selanjutnya
24 Ribu Pemudik Kembali ke Jakarta Lewat Stasiun Pasar Senen