Sukses

Tolak Angket KPK, Gerindra Belum Putuskan Kirim Wakil di Pansus

Gerindra masih mengkaji apakah angket KPK tetap berjalan meskipun salah satu fraksi tidak mengirimkan wakilnya.

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi Gerindra tetap menolak pengajuan angket KPK. Sekretaris Fraksi Gerindra Fary Djemy Francis mengatakan, pihaknya juga belum putuskan akan mengirimkan wakilnya atau tidak di Panitia Khusus (Pansus) Angket KPK.

Dia mengatakan, meski belum memutuskan mengirim wakilnya, Fraksi Gerindra di DPR akan mengawal agar KPK tidak akan dilemahkan.

"Itu prinsip kami soal nanti kami mengirim atau tidak kita akan lihat, nanti kami tetap mengawal agar KPK tidak dilemahkan. Bahkan kita akan mengagendakan mengundang KPK meminta pandangan-pandangan fraksi, pokoknya dalam waktu dekat," kata Fary di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Ketua Komisi V DPR ini mengatakan, Gerindra masih mengkaji apakah angket KPK tetap berjalan meskipun salah satu fraksi tidak mengirimkan wakilnya.

"Kalau angket jalan terus kita akan kirim, dan kita akan mengawal itu. Teman-teman lihat saja kemarin, kita mengawal terus ini jalan terus kita enggak mau begitu, kalau ini jalan kita akan kirim orang," ujar dia.

Fary menuturkan, Fraksi Gerindra tidak mau menjadi pengirim nama paling dahulu di Pansus Angket KPK. Ia menambahkan, partai besutan Prabowo Subianto itu akan melihat situasi politik mengenai Angket KPK.

"Ya kita lihat dong namanya demokrasi ya kita pertimbangkan untuk mengirim untuk mengawal, kita nggak mau tidak ada yang mengawal di hak angket, itu catatannya tapi sikap kita akan sampaikan," tandas Fary.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini