Sukses

Permen Ceker Ayam yang Tinggi Serat, Seperti Apa Rasanya?

Fokus, Lamongan Sejumlah siswa SMA Mazra’atul Ulum Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, berhasil membuat permen unik dari ceker ayam. Meski dengan bahan yang cukup sederhana, inovasi pangan dari siswa ini banyak dinikmati masyarakat sekitar, terutama di lingkungan sekolah.

Permen unik ini terbuat dari ceker ayam, yang tentu saja bahan baku yang tidak biasa. Inilah inovasi di bidang pangan yang diciptakan oleh para siswa di SMA Mazra’atul Ulum Paciran, Kabupaten Paciran, Jawa Timur.

Ceker ayam dipilih karena dianggap bahan pangan yang tinggi akan kalsium. Ide itu juga muncul ketika ceker ayam mudah didapat di kota ini dengan harga yang relatif murah.

Cara membuat permen bergizi ini terbilang sederhana. Selain bahan utama seperti gula pasir dan puding agar-agar, permen ceker juga dibuat dengan campuran sejumlah sayuran, agar lebih menyehatkan. Campuran bahan tersebut dihaluskan, kemudian dimasak.

Terobosan permen sehat ini rupanya cukup digemari warga, terutama para pelajar sendiri. Hasil karya permen cakar ayam ini juga berhasil meraih juara pertama dalam Business Plan Competition di Universitas Muhammadiyah Gresik tingkat SMA se-Jawa Timur.