Sukses

Jokowi: Negara Cepat Akan Menangkan Kompetisi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak ingin pemerintahan berjalan lamban. Karena menurut dia, saat ini negara besar tak berarti bisa memenangkan kompetisi dunia. Kini, negara yang cepat berkembang lah yang akan menang.

"Berkali kali saya sampaikan, sekarang itu bukan negara kuat mengalahkan negara lemah. Tidak, bukan negara besar yang mengalahkan negara kecil. Tapi negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat. Siapa yang cepat akan mengalahkan siapa yang lambat," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Salah satu yang paling dikeluhkan Jokowi adalah panjangnya proses pelaporan pertanggungjawaban anggaran atau sering disebut SPJ. Jokowi begitu jengkel setiap pegawai harus menyusun 44 lampiran laporan SPJ setiap kali mengadakan kegiatan.

Hal ini kemudian diubah oleh Presiden yang meminta kebiasaan itu dirampingkan. Menteri Keuangan Sri Mulyani kemudian mengubah aturan hanya dengan 2 lampiran saja.

"44 (lembar) ngapain gitu lho, nyatanya 2 juga bisa. Pusing semua Pak Bupati, Ibu Bupati, kepala desa, kalau laporan seperti itu. Ini yang menyebabkan kita lamban ya di sini," ucap Jokowi.

Ditambahkan Presiden, mental seperti itu yang harusnya hilang dari para pejabat hingga pegawai pemerintahan saat ini. Kalau ini terus dibiarkan, jangan harap bisa memenangkan kompetisi global.

"Inilah yang harus kita perangi dan harus kita selesaikan. Kalau kita masih bertele-tele, masih berbelit-belit, jangan harap memenangkan pertarungan antarnegara. Jangan harap. Sekali lagi yang cepat akan mengalahkan yang lambat," pungkas Jokowi.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • SPJ
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Negara dengan Ketahanan Pangan Kuat, Ambil Kendali Dunia
Artikel Selanjutnya
Jokowi Terbang ke Singapura Siang Nanti, Ini Agendanya