Sukses

Kunjungan Presiden Lithuania Perkuat Ekonomi dan Perdagangan

Kunjungan Presiden Lithuania Dalia Grybauskatie memiliki arti penting bagi penguatan hubungan bilateral

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Setya Novanto menyatakan, kunjungan Presiden Lithuania Dalia Grybauskatie memiliki arti penting bagi penguatan hubungan bilateral kedua negara. Terlebih ini merupakan kunjungan pertama Presiden Lithuania ke Indonesia. Sejak hubungan diplomatik terjalin pada tahun 1993.

“Kami melihat hubungan bilateral Indonesia-Lithuania berjalan dengan baik. Kedua negara memiliki komitmen yang kuat dalam memajukan kerja sama bilateral, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan,” katanya usai menerima kunjungan di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (17/04).

Meski nilai perdagangan kedua negara belum terlalu besar, jelas Politisi Golkar ini, namun pada tahun 2016 tercatat sebesar 38,6 juta US dollar. “Kami berharap nilai perdagangan kedua negara di tahun-tahun mendatang dapat ditingkatkan,” harapnya.

Ia menjelaskan bahwa kedua negara, dengan potensi dan kelebihannya masing-masing, harus dapat saling melengkapi untuk memajukan kerja sama bilateral, di antaranya kerja sama di bidang energi terbarukan.

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi keinginan kedua negara untuk meningkatkan kerja sama bilateral sebagaimana yang disepakati dalam pertemuan Presiden Lithuania dengan Presiden Joko Widodo,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Golkar itu menjelaskan, kerja sama antarparlemen penting dilakukan untuk mendukung penguatan hubungan bilateral kedua negara. Untuk itu, kerja sama antara Parlemen Lithuania dan DPR RI, perlu dikembangkan dan ditingkatkan.

"Untuk lebih saling mengenal di antara masyarakat kedua negara, program people to people contact perlu dikembangkan, terutama melalui kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata,"ungkapnya.

 

(*)

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini