Sukses

Buka Rakornas Intern, Jokowi Minta Pimpinan KPK Duduk di Depan

Jokowi menegaskan, peran KPK sangat penting dalam penegakan hukum di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah 2017. Ada peristiwa menarik pada acara itu. Jokowi tiba-tiba meminta pimpinan KPK yang hadir untuk duduk di jajaran kursi menteri.

Awalnya, Jokowi duduk sejajar dengan Mensesneg Praktino dan Kepala BPKP Ardan Adiperdana berhadapan dengan hadirin. Sedangkan, menteri lainnya duduk di barisan terdepan menghadap presiden.

Saat Jokowi menempati podium, dia melihat pimpinan KPK Alexander Marwata justru duduk di tengah hadirin. Jokowi langsung menghentikan sambutan dan meminta Alex untuk maju.

"Sebelum saya memulai sambutan ini, saya minta satu kursi lagi, saya lihat tadi pimpinan KPK, Pak Alex silakan ke depan Pak," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Mendengar permintaan itu, Alex langsung berdiri dari kursinya. Seorang ajudan berpakaian TNI AL menghampiri Alex yang baru saja bangun dari kursinya.

Alex kemudian ke depan sedangkan ajudan membawa kursi yang tadi digunakan Alex ke depan. "Kursinya jangan beda, kursinya sama saja tapi di depan," imbuh Jokowi.

Akhirnya, Alex duduk di sebelah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Selain itu, ada pula Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro dan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sanjoyo yang duduk sejajar dengan Alex.

Jokowi menegaskan, peran KPK sangat penting dalam penegakan hukum di Indonesia. Karena itu, KPK harus mendapat tempat yang baik pula.

"KPK ini penting sekali, jangan diberikan kursi di belakang, harus di depan," ujar Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK