Sukses

Terima Kunjungan Presiden Lithuania, Ini Harapan Ketua DPR

Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, kunjungan Presiden Lithuania memiliki arti penting bagi penguatan hubungan bilateral kedua negara.

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan DPR menerima kunjungan Presiden Republik Lithuania Dali Grybauskatie di ruang kerja Ketua DPR, Senayan, Jakarta. Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, kunjungan Presiden Lithuania memiliki arti penting bagi penguatan hubungan bilateral Indonesia-Lithuania.

"Sejak hubungan diplomatik terjalin pada 1993, kami melihat hubungan bilateral Indonesia-Lithuania berjalan dengan baik. Kedua negara memiliki komitmen yang kuat dalam memajukan kerja sama bilateral, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan," kata Setya Novanto, Rabu (17/5/2017).

Dia berharap, meski nilai perdagangan kedua negara belum terlalu besar, pada 2016 tercatat nilainya sebesar US$ 38,6 juta.

"Kami berharap nilai perdagangan kedua negara di tahun-tahun mendatang dapat ditingkatkan," ujar Novanto.

Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, kedua negara dengan potensi dan kelebihannya masing-masing, harus dapat saling melengkapi untuk memajukan kerja sama bilateral, di antaranya kerja sama di bidang energi terbarukan.

"Untuk itu, kami sangat mengapresiasi keinginan kedua negara untuk meningkatkan kerja sama bilateral sebagaimana yang disepakati dalam pertemuan Presiden Lithuania dengan Presiden Joko Widodo," ucap Novanto.

Lebih lanjut, dia menjelaskan kerja sama antarparlemen sudah tentu juga penting dilakukan untuk mendukung penguatan hubungan bilateral kedua negara. Untuk itu pula, kerja sama antara Parlemen Lithuania dan DPR RI, perlu dikembangkan dan ditingkatkan.

Ia menambahkan, letak kedua negara yang berjauhan, kiranya tidak menjadi penghambat bagi masyarakat Indonesia dan Lithuania untuk bisa saling mengenal lebih dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.