Sukses

Perlu Ada Dialog untuk Atasi Perbedaan Pendapat

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar, beragam, bahkan rumit, sehingga tidak mungkin disederhanakan

Liputan6.com, Jakarta Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar, beragam, bahkan rumit, sehingga tidak mungkin disederhanakan. Terlalu kompleksnya Indonesia, bukan hanya memerlukan akal yang besar, tapi juga memerlukan hati yang lebar untuk dapat saling menerima kehadiran dan eksistensi. Keberagaman itu juga memunculkan perbedaan pendapat, sehingga perlu adanya dialog yang mendalam.

Demikian dikatakan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah saat menjadi pembicara dalam Dialog Kebangsaan di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Manado, Sabtu (13/5/2017). Dialog yang bertema “Kepemimpinan Muda Yang Bersih dan Antikorupsi” itu juga dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, termasuk KAMMI, ratusan tokoh masyarakat, serta pemuda hingga tokoh agama.

“Bangsa kita terlalu besar, kompleks dan tidak bisa disederhakanakan. Maka sebaiknya kita tempuh jalur dialog. Ini yang saya rasakan, ada perbedaan pendapat atau komunikasi yang kurang lancar. Saya berharap dapat memiliki kesempatan untuk berdialog dengan siapapun yang memiliki kecemasan atau perbedaan pendapat, karena tidak ada yang tidak mungkin untuk tidak diselesaikan.,” kata Fahri.

Wakil Ketua DPR Bidang Korkesra itu menambahkan, dengan berbagai dialog yang terus menerus dalam mengisi reformasi dan demokrasi, maka Indonesia akan mencapai soliditas yang mantap, sehingga dapat menjadi agen dari perubahan tata dunia baru yang lebih baik.

“Saya yakin, Indonesia tidak hanya bisa menyelesaikan permasalahan internalnya sendiri, tapi Indonesia akan menjadi agen dunia, yang menolong bangsa lain yang miskin, kelaparan, bahkan kacau balau,” imbuh Fahri.

Menutup sesi diskusi, Fahri menitipkan pesan kepada masyarakat Sulut yang ke Jakarta, jangan sungkan untuk berkunjung ke DPR, untuk diskusi lebih lama terutama tentang masalah-masalah kenegaraan. Karena menurutnya, menjalin silaturahmi dan membangun kekeluargaan merupakan suatu hal penting dalam memajukan NKRI tercinta.

“Saya berharap kita terus membangun dialog, pesan saya untuk warga Sulawesi Utara yang ke Jakarta bisa luangkan waktu, jangan sungkan-sungkan temui saya di DPR. Kita bersilaturahmi, karena saya tahu warga Sulut ramah-ramah, toleran dan menghargai pluralisme, kita harus terus merajuk kebersamaan melalui diskusi-diskusi kebangsaan seperti ini,” pesan politisi asal dapil Nusa Tenggara Barat itu.

“Bangsa ini harus berjuang bersama untuk melawan seluruh provokasi dan kebencian. Kita semua cinta Indonesia. Kita bisa berjalan bersama sebagai bangsa, karena hidup dengan semangat toleransi, kebhinekaan dan kebersamaan,” tutup Fahri.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Olly Dondokambey mengucapkan terimakasih kepada KAMMI karena telah menghadirkan Fahri Hamzah. Gubernur berharap semoga Fahri dapat berbagi gagasannya tentang Pancasila dan NKRI.

Sesi dialog ditutup dengan penukaran cenderamata, dan foto bersama. Dalam kesempatan itu, Fahri mendapat cenderamata berupa lukisan potret dirinya dari Pemprov Sulut.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini