Sukses

Soal Dua Khotbah, Warga Majukan Lebaran

Puluhan jamaah Pondok Pesantren di Jalan Simo Rukun, Surabaya. Mereka melakukan salat Ied lebih dahulu karena berdasarkan keyakinan mereka tidak ada dua khotbah pada Jumat.

Liputan6.com, Surabaya:Takbir berkumandang menandakan Lebaran telah tiba. Tak sedikit warga yang merayakan Idulfitri pada Kamis (9/9). Seperti yang dilakukan puluhan jamaah Pondok Pesantren di Jalan Simo Rukun, Surabaya. Mereka melakukan salat Ied lebih dahulu karena berdasarkan keyakinan mereka tidak ada dua khotbah pada Jumat.

Menurut pengelola pondok pesantren, Maulana, ketetapan mengawali perayaan Idul Fitri sudah berdasarkan pengkajian yang matang. Yakni, tidak diperkenankan ada dua khotbah besar pada hari Jumat.

Meski berbeda, lanjut Maulana, mendahului salat Ied tidak akan memecah belah umat Islam di Indonesia. Sejak zaman Nabi Muhammad, dari 10 salat Idul Fitri hanya sekali yang bertepatan pada hari Jumat. "Untuk itu kami memajukan atau memundurkan salat Ied. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.