Sukses

Jokowi Terima Kunjungan Presiden Lithuania di Istana Merdeka

Para siswa mengibarkan bendera Indonesia dan Lithuania berukuran kecil selama Presiden GrybauskaitÄ— melintas.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Presiden Lithuania Dalia GrybauskaitÄ— di Istana Merdeka, Jakarta. Kunjungan kenegaraan ke Indonesia ini merupakan yang pertama bagi Presiden Lithuania.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (17/5/2017), rombongan Presiden GrybauskaitÄ— diarak dari kawasan Silang Monas menuju ke Istana Merdeka bersama pasukan berkuda, pasukan Nusantara, dan Paspampres. Para siswa yang menggunakan pakaian adat juga turut menyambut kedatangan Presiden GrybauskaitÄ—.

Para siswa mengibarkan bendera Indonesia dan Lithuania berukuran kecil selama Presiden Grybauskaitė melintas. Setibanya di sisi barat Istana Merdeka, Presiden Jokowi sudah menyambut di depan pintu mobil.

Setelah bersalaman, Presiden Grybauskaitė menerima buket bunga dari dua siswa berpakaian adat. Keduanya lalu menuju jalanan utama Istana Merdeka untuk mengikuti upacara kenegaraan. Lagu kebangsaan kedua negara dikumandangkan diiringi dengan 21 kali dentuman meriam.

Jokowi kemudian mengajak Presiden GrybauskaitÄ— untuk duduk santai di beranda belakang Istana Merdeka sambil melakukan Veranda Talk.

Setelah itu, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan GrybauskaitÄ— beserta delegasi yang hadir.

Kerja Sama RI - Lithuania

Kunjungan ini akan difokuskan pada kerja sama energi terbarukan, konservasi energi, serta pengembangan bisnis di sektor energi. Lithuania sendiri memiliki kapabilitas dalam bidang energi surya, biomass dan biofuel.

Di samping bidang energi, bidang perdagangan dan investasi serta pertanian juga menjadi hal yang akan ditingkatkan dalam pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden GrybauskaitÄ—.

Pada 2016, nilai perdagangan antara Indonesia dan Lithuania tercatat sebesar US$ 38,6 juta. Lithuania menjadi pasar potensial RI untuk komoditas produk pertanian khususnya tembakau, CPO, dan kopi.

Indonesia juga akan menjajaki transfer of technology di sektor mekanisasi pertanian dan teknologi peternakan. Selain itu akan turut mendorong peningkatan investasi Lithuania dalam bidang transportasi, khususnya di bidang perawatan pesawat terbang, pengelolaan hanggar pesawat dan pelatihan pilot.

Dalam kunjungan kenegaraan ini, bidang pariwisata dan pemberdayaan perempuan juga akan dibahas.

Presiden GrybauskaitÄ— merupakan presiden perempuan pertama di Lithuania dan menaruh perhatian besar dalam konteks pemberdayaan perempuan.

Selain acara resmi kenegaraan, Presiden Grybauskaitė rencananya juga akan melakukan kegiatan budaya dengan mengunjungi tempat-tempat ikonis yang menjadi kebanggaan Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini