Sukses

Kado Khusus Mensos Khofifah untuk Orang Rimba Jambi

Liputan6.com, Jambi - Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa kembali berkunjung ke Jambi untuk bertemu warga Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba. Mensos membuka rumah pintar untuk anak-anak rimba.

Dalam kunjungannya kali ini, Mensos menemui kelompok Orang Rimba di Desa Sialang, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin, Jambi. Selain meresmikan rumah pintar, Mensos juga menyempatkan berdialog langsung dengan warga rimba.

"Anak-anak (rimba) di sini membuat saya terharu. Sudah bisa menyanyi lagi kebangsaan Indonesia Raya, mengenal huruf dan angka," ujar Khofifah, Senin sore, 15 Mei 2017.

Menurut dia, rumah pintar itu didukung fasilitas cukup memadai. Seperti solar panel atau listrik tenaga surya, lampu listrik, parabola dan televisi. Tenaga pengajar yakni tenaga pendamping khusus bagi Suku Anak Dalam (SAD).

Pada kesempatan itu, Mensos Khofifah juga memberikan berbagai macam buku bacaan dan pakaian untuk anak-anak rimba. Ia berharap tenaga pendamping tidak hanya memberikan pengajaran formal, namun juga bagaimana sosialisasi gerakan masyarakat sehat (Germas). Seperti akses mendapatkan air bersih, mandi pagi dan sore hari.

"Jadi harus saling mendukung, proses edukasi tersebut tidak sederhana sesungguhnya. Di mana kebiasaan mereka (Orang Rimba) berpindah-pindah," ujar Khofifah.

Sementara Gubernur Jambi, Zumi Zola yang ikut mendampingi Mensos mengatakan, dibukanya rumah pintar adalah sarana untuk membuka cakrawala anak-anak rimba sebagai generasi masa depan.

"Tujuannya untuk meningkatkan sumber daya manusia," kata Zola.

Zola juga berjanji akan terus berusaha meningkatkan pelayanan bagi Orang Rimba layaknya warga lainnya. Di antaranya di sektor pendidikan, kesehatan dengan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan gratis. Kemudian bantuan pangan serta sandang.

Sejak ditunjuk sebagai Menteri Sosial, Khofifah kerap berkunjung ke Jambi untuk bertemu langsung Orang Rimba. Dalam kesempatan itu, Khofifah selalu memberikan berbagai macam bantuan.

Artikel Selanjutnya
Mensos: Penerima Program Keluarga Harapan Naik Jadi 10 Juta
Artikel Selanjutnya
Daging Olahan Dapur Umum Ini Bikin Mensos Khofifah Terkesima