Sukses

Menko Puan: Tim Nusantara Sehat Punya Tugas yang Mulia

Puan yang mewakili pemerintah juga memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Program Nusantara Sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani didaulat menjadi Inspektur Upacara pada Pelantikan Tim Nusantara Sehat Batch VI di Pusdikkes Kodiklat TNI AD, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Dalam sambutannya, Puan mengatakan tantangan utama dalam pelayanan kesehatan adalah belum meratanya distribusi sumber daya manusia kesehatan yang meliputi dokter, perawat, bidan, tenaga farmasi, analis laboratorium, dan tenaga gizi.

"Sampai saat ini, telah terdistribusi tenaga kesehatan sebanyak 1.422 orang yang terbagi menjadi 251 tim dan ditempatkan di 251 Puskesmas," kata Puan, Selasa 16 Februari 2017.

Dalam kesempatan itu, Menko Puan yang mewakili pemerintah juga memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Program Nusantara Sehat yang memiliki tujuan menempatkan tenaga kesehatan untuk dapat memberikan pelayanan di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK).

"Hal ini tentunya selaras dengan agenda strategis pemerintah untuk menghadirkan negara dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat," ujar dia.

Menurut Puan, tenaga kesehatan memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat. Salah satunya yaitu untuk mendorong masyarakat agar mampu meningkatkan kesadaran hidup sehat.

Melalui Program Nusantara Sehat, tenaga kesehatan akan dikirim secara tim, di mana diharapkan dapat secara cepat melakukan penyesuaian, sehingga permasalahan pelayanan kesehatan di daerah tujuan dapat cepat ditangani.

"Tugas Tim Nusantara Sehat ini adalah tugas yang sangat mulia. Saya menaruh harapan dan penghormatan yang besar terhadap para peserta yang bergabung dalam Program Nusantara Sehat agar dapat berkontribusi secara nyata di tempat penempatannya," tandas Puan.

Sebelum memberikan amanat, Menko PMK menanggalkan tanda peserta pelatihan dan menyematkan pin Nusantara Sehat kepada perwakilan pasukan dan memberikan pernyataan resmi atas penutupan pelatihan pembekalan. Hadir pada kesempatan ini Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan Asisten Teritorial TNI AD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini