Sukses

Anggota DPR Dukung Polisi Usut Akun Facebook Diduga Hina Jokowi

Akun Facebook Syukur Muhammad Syarief mendadak viral di sosial media setelah mengunggah tulisan yang isinya menghujat Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Dugaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali terjadi di media sosial. Akun Facebook Syukur Muhammad Syarief mendadak viral di sosial media setelah mengunggah tulisan yang isinya menghujat Presiden Jokowi. Mabes Polri saat ini tengah mengusut perihal tersebut.

Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR Cucun Ahmad Syamsurijal mendukung langkah Polri itu. Menurut dia, sebagai simbol negara, tak sepatutnya masyarakat menghina Presiden Jokowi.

"Mendukung, harus itu (diselidiki). Presiden kan simbol negara kita sendiri, apalagi dilakukan oleh orang Indonesia," kata Cucun saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Menanggapi tulisan akun Facebook Syukur tersebut, Anggota Komisi IV DPR ini menjelaskan, bangunan masjid tidak bisa disalahkan jika bentuknya mengikuti budaya negara setempat.

"Misal masjid itu ada di Tiongkok, ya bangunannya bisa mirip-mirip Klenteng. Nah, kalau masjid di Timur Tengah bangunannya beda lagi karena budayanya berbeda," jelas dia.

Untuk itu, Cucun mengaku sangat menyayangkan oknum masyarakat yang berani menghina foto Jokowi saat berdoa di salah satu masjid di Tiongkok.

"Jangan dikaitkan soal bangunan masjid itu dengan yang lain, apalagi ini kan yang menghina orang kita sendiri," tandas Cucun.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menyatakan, pihaknya sudah mengetahui adanya akun Facebook yang salah satu unggahannya berisi ujaran kebencian dengan nada penghinaan kepada Presiden Jokowi.

"Sedang diselidiki," tutur Setyo dalam pesan singkat kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Akun Facebook Syukur Muhammad Syarief mendadak viral di sosial media. Penyebabnya, dia menuliskan unggahan yang isinya hujatan terhadap Presiden Jokowi.

Netizen pun mengunggah screenshot dari akun Facebook itu dan menyebarkannya melalui jejaring sosial Whatsapp dan Instagram.

Dalam akunnya, Syukur mengkritik foto Jokowi yang sedang berdoa di sebuah ruangan yang diragukan bahwa itu adalah masjid.

"Perhatikan baik-baik, itu masjid apa klenteng. Berdoa kok pakai foto segala," ujar Syukur dalam unggahannya di Facebook.

Setelah kalimat itu, baru si pemilik akun menuliskan kata-kata bernada hinaan kepada Presiden Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Facebook

Video Terkini