Sukses

Menebak Visa Rizieq Shihab Usai Umrah

Rizieq Shihab dapat leluasa bepergian ke Malaysia dan Arab Saudi. Pertanyaannya, berapa lama visa yang didapat Rizieq Shihab.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Bagian Humas dan Umum Imigrasi, Agung Sampurno angkat bicara terkait polemik Rizieq Shihab. Diketahui Rizieq tidak menghadiri panggilan yang dilayangkan Polda Metro Jaya.

Usai umrah, Rizieq sempat singgah ke Malaysia, tapi kembali lagi ke Arab Saudi. Polda Metro Jaya telah mengetahui posisi Rizieq Shihab saat ini yang berada di Kota Jeddah, Arab Saudi.

Agung Sampurno mengatakan, untuk visa umrah merupakan kewenangan Pemerintah Arab Saudi, yang di Indonesia diwakili pihak Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi.

"Visa umrah ada baiknya tanya pihak Kedutaan Besar Arab. Kalau internasional itu kan ada dua jenis. One way entry dan multiple entry. Masa berlakunya tergantung masing-masing negara," ucap dia saat dikonfirmasi, Selasa (16/5/2017).

Mengenai visa umrah termasuk jenis yang mana, Agung enggan menjawab. "Itu sudah ranah Kedubes Arab. Kita enggak mau tebak-tebakan," tegas Agung.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Divisi Media Kedubes Arab Saudi, Ahmad Suryana, enggan menjelaskan secara rinci. Bahkan ia mengklaim tak mengerti visa apa yang didapatkan Rizieq Shihab.

"Wah itu saya enggak ngerti. Yang saya tahu, kalau orang bisa ke Saudi, pasti dapat visa," jelas Ahmad.

Berdasarkan data yang dihimpun, ada dua jenis visa untuk umrah, yaitu visa transit dan visa umrah biasa. Untuk visa transit batas maksimal tinggal di Mekah atau Madinah adalah 3 x 24 jam, sedangkan visa umrah biasa sampai 30 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini