Sukses

Waspada Serangan Ransomware WannaCry

Ransomware WannaCry atau juga dikenal sebagai Wanna Decryptor adalah program ransomware spesifik yang mengunci semua data pada komputer.

Liputan6.com, Jakarta - Serangan ransomware WannaCry masih menjadi keresahan berbagai negara, termasuk Indonesia. Lebih dari 100 negara telah merasakan dampak dari serangan malware ganas tersebut.

WannaCry (wcry) atau juga dikenal sebagai Wanna Decryptor adalah program ransomware spesifik yang mengunci semua data pada sistem komputer dan membiarkan korban hanya memiliki dua file: instruksi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan program Wanna Decryptor itu sendiri.

Saat program itu dibuka, komputer akan memberitahukan kepada korban bahwa file mereka telah di-encrypt, dan memberikan mereka tenggat waktu untuk membayar, dengan memperingatkan bahwa file mereka akan dihapus. Pelaku serangan menuntut pembayaran Bitcoin, memberikan petunjuk bagaimana cara membelinya, dan memberikan alamat Bitcoin untuk dikirim.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan,  kementeriannya telah bekerja keras menyosialisasikan cara menghindari ransomware WannaCry dan meminimalisasi jumlah komputer yang terinfeksi.

Informasi selengkapnya mengenai ransomware WannaCry dapat dilihat pada Infografis berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.