Sukses

Jokowi: Elite Politik Harus Beri Teladan dengan Berkata Santun

Menurut Presiden tidak baik juga bila semua mahasiswa bercita-cita menjadi politikus.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan para elite politik untuk bisa jadi teladan bagi masyarakat. Caranya tidak sulit, cukup dengan memberikan pernyataan yang santun setiap kali berkomentar.

"Berilah contoh, berilah teladan dengan kata-kata dan kalimat yang baik, pernyataan-pernyataan yang baik dan santun karena itulah karakter bangsa kita," kata Jokowi saat membuka Kongres PMII di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (16/5/2017).

Tak bisa dimungkiri, karier politik para politikus sudah terlihat saat mereka masih di bangku kuliah atau mahasiswa. Di sisi lain, menurut Presiden tidak baik juga bila semua mahasiswa bercita-cita menjadi politikus.

"Jangan hanya bermimpi untuk jadi politisi. Bermimpilah misalnya menjadi pengusaha, entrepreneur," kata Jokowi.

Dia menyebut peluang menjadi pengusaha ini baru diisi oleh 1,6 persen lulusan perguruan tinggi. Padahal, normalnya 5 persen diisi dengan gagasan besar dari para mahasiswa.

"Jadi developer software, aplikasi, animasi, games, ke depan alurnya ada di situ," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini