Sukses

2 Srikandi Lolos Seleksi Kualitas Calon Hakim Agung

Dua srikandi yang lolos seleksi kualitas calon hakim agung adalah Reny Halida Ilham Malik dan Azizah Bajuber.

Liputan6.com, Jakarta - Dua srikandi lolos seleksi kualitas calon hakim agung. Mereka akan bertarung pada seleksi lanjutan bersama puluhan calon hakim lainnya.

"Dari 29 CHA (calon hakim agung) yang lolos, ada dua orang perempuan dan 27 orang laki-laki," kata Ketua Ketua Bidang Rekruitmen Hakim Komisi Yudisial (KY) Maradaman Harahap di Gedung KY, Jakarta, Senin 15 Mei 2017.

Menurut dia, kedua perempuan itu merupakan hakim karier. Keduanya adalah Reny Halida Ilham Malik dan Azizah Bajuber.

Reny adalah hakim adhoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Tingkat Banding pada Pengadilan Tinggi Jakarta. Sedangkan, Azizah saat ini menjabat sebagai hakim tinggi Badan Pengawas Mahkamah Agung RI.

"Dari empat kamar yang tersedia, hanya delapan calon perempuan dari awalnya 88 orang pendaftar, semuanya lolos administrasi. Akan tetapi, yang lolos (seleksi) tahap dua hanya dua orang," kata Maradaman.

Antara melansir, berdasarkan kamar yang dipilih, 10 orang lolos seleksi kualitas calon hakim agung di Kamar Perdata, enam orang lolos seleksi kualitas di Kamar Pidana, dua orang lolos seleksi kualitas di Kamar Tata Usaha Negara, sembilan orang lolos seleksi kualitas di Kamar Agama, dan dua orang lolos seleksi kualitas di Kamar Militer.

Maradaman menjelaskan, dalam melakukan penilaian seleksi kualitas calon hakim agung, KY dan tim teknis menggunakan sejumlah instrumen. Salah satunya, pembuatan karya tulis di tempat.

Seleksi tersebut untuk mengisi kekosongan enam jabatan hakim agung di Mahkamah Agung (MA) yang terdiri atas satu orang Kamar Pidana, dua orang Kamar Perdata, satu orang Kamar Agama, satu orang Kamar Militer (berasal dari militer), dan satu orang Kamar Tata Usaha Negara (yang memiliki keahlian hukum perpajakan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.