Sukses

Respons Mendagri soal Pendukung Ahok Diduga Kritik Jokowi

Tjahjo memberi kesempatan kepada VK untuk menjelaskan maksud dari perkataannya saat orasi.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita berinisial VK, yang tengah berorasi di aksi simpatik untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, menyebut rezim Jokowi lebih parah dari rezim Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Terkait hal ini Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pun angkat suara. Tjahjo mengatakan, karena merupakan bagian dari pemerintahan maka dia perlu membela Presiden. 

"Ini menyangkut rezim pemerintahan. Ini dia sebut rezim pemerintahan Jokowi. Saya bagian dari pemerintah. Saya harus bela Presiden saya," ujar Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 12 Mei 2017.

Namun, politikus PDIP itu menolak jika sikapnya itu disebut sebagai bentuk antikritik. Menurut dia, masyarakat harus bisa membedakan antara kritik dan fitnah. Tjahjo pun berencana melaporkan hal ini.

Tapi sebelum langkah itu diambil, Tjahjo memberi kesempatan kepada VK untuk menjelaskan maksud perkataannya di orasi itu. Dia sudah mengirim surat secara khusus kepada VK untuk bisa datang dan memberi penjelasan.

"Saya minta klarifikasi kok kamu sebut urusan Ahok yang dihukum pengadilan, kok yang disalahkan Pak Jokowi. Hubungannya Pak Jokowi apa? Hakim itu netral. Tanggung jawab ke Tuhan bukan ke Pak Jokowi. Koar-koar di mana-mana. Rezim Pak Jokowi rezim pemerintahan. Saya bagian dari anak buah Jokowi, tersinggung dong," jelas Tjahjo.

Tjahjo benar-benar ingin VK bisa memberikan penjelasan atas perkataannya. Peringatan ini hanya bertujuan untuk mengingatkan VK agar tak sembarangan bicara.

"Baru kemarin dikirim. Tunggu saja, iktikad baik mengingatkan. Saya hanya mau minta klarifikasi apa sih maksudnya dia seperti itu. Datang ke kantor saya juga saya terima. Mungkin karena dia emosional. Kalau dia clear, clear, saya enggak macam-macam. Mengingatkan aja," Tjahjo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia saat ini.
    Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia saat ini.

    Tjahjo Kumolo