Sukses

KPK Selidiki Siapa yang Pengaruhi Miryam Beri Keterangan Palsu

Kemarin KPK memeriksa Miryam S Haryani untuk mengonfirmasi terkait pencabutan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di persidangan.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan pemeriksaan perdana kepada tersangka pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani untuk mengonfirmasi terkait pencabutan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di persidangan.

"Dikonfirmasi tentang pencabutan BAP di sidang dan saksi lain juga dikonfirmasi lebih lanjut untuk mendapatkan konstruksi yang utuh. Secara spesifik, apakah soal BAP dicoret, tapi dilakukan klarifikasi dan informasi dari saksi lain," jelas Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (12/5/2017).

Dia juga mengatakan, penyidik masih fokus mencari bukti yang kuat untuk membuktikan bahwa adanya orang yang mempengaruhinya untuk mencabut BAP.

"Kita masih fokus pemeriksaan dan cari bukti yang lebih kuat tentang apa indikasi keterangan tidak benar dan apa yang pengaruhi Miryam. Kita juga lakukan pemeriksaan kemarin ke salah satu pengacara," pungkas Febri.

Sebelum memeriksa Miryam, KPK terlebih dahulu memeriksa sejumlah saksi seperti pengacara muda Anton Taufik, Elza Syarief, Andi Narogong, dan asisten rumah tangganya bernama Mini.

KPK telah menetapkan Miryam sebagai tersangka atas dugaan memberikan keterangan palsu pada saat persidangan perkara korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat. Miryam saat itu tak mau mengakui Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dirinya pada saat penyidikan.

"Tersangka MSH diduga dengan sengaja memberikan keterangan yang tidak benar dengan terdakwa Irman dan Sugiharto," kata Febri. Atas perbuatannya, Miryam disangka melanggar Pasal 22 junto Pasal 35 UU Tipikor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.