Sukses

Jokowi: Kunjungan Presiden Chile ke Indonesia Tepat Waktu

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Chile Michelle Bachelet di Istana Merdeka, Jakarta. Keduanya kemudian melakukan pertemuan bilateral dengan para delegasi.

Usai pertemuan, Jokowi mengatakan, kedatangan Presiden Bachelet ke Indonesia saat ini tepat pada waktunya, terutama di bidang kerja sama ekonomi. Mengingat, Indonesia tengah gencar meningkatkan investasi.

"Kunjungan Presiden Bachelet sangat tepat waktu, saat Indonesia menggalakkan perdagangan dan investasi di mana Chile prioritas di antaranya," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (12/5/2017).

Dalam pertemuan bilateral ini, Bachelet membawa serta delegasi bisnis yang kemudian menjalin kerja sama antara Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dengan Chile. Beberapa kerja sama di berbagai bidang juga disepakati kedua negara.

"Kami sepakat ke depan kerja sama bilateral fokus ke beberapa bidang, perikanan, industri strategis, di bidang pertanian, khususnya peningkatan perdagangan dari hasil pertanian kita," jelas Jokowi.

Indonesia dan Chile juga tergabung dalam beberapa forum internasional yang sama, seperti Gerakan Nonblok dan APEC. Jokowi ingat betul dukungan yang diberikan Chile kepada Indonesia terkait pencalonan sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB pada 2014-2015.

"Saya menyampaikan penghargaan terhadap dukungan Chile pada pencalonan Indonesia pada Dewan Keamanan PBB tahun 2019-2020," ucap Jokowi.

Jokowi juga menyatakan kekaguman terhadap Bachelet terutama pengalaman di bidang pemberdayaan perempuan.

Artikel Selanjutnya
Jokowi Dapat Amanah Saat Jenguk Solihin GP, Apa Itu?
Artikel Selanjutnya
MUI: Idulfitri Momentum Kembali Satukan Bangsa