Sukses

Di Mana Rizieq Shihab Berada?

Beberapa minggu lalu, pihak FPI mengatakan Rizieq Shihab sedang umrah. Lalu, sudahkan dia pulang ke Tanah Air?

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab batal menghadiri tablig akbar yang diselenggarakan Aliansi Umat Islam Garut, Jawa Barat. Banyak yang bertanya, di manakah Rizieq Shihab sekarang?

Beberapa minggu lalu, pihak FPI mengatakan Rizieq yang tengah tersangkut kasus chat seks dan penghinaan terhadap Pancasila itu, sedang menjalankan ibadah umrah. Normalnya, umrah memakan waktu kurang dari 2 minggu.

Pengacara Rizieq Shihab, Kapitra Ampera, memastikan ulama tersebut belum berada di Tanah Air. Dia masih berada di luar negeri karena alasan tertentu.

"Beliau masih ada di luar negeri. Putrinya melahirkan. Sekarang ada di Yaman," ujar Kapitra ketika dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (12/5/2017).

Juru Bicara FPI Slamet Maarif pada Rabu 10 Mei 2017 mengatakan Rizieq Shihab kemungkinan pulang ke Indonesia pada hari itu. Namun, dia tidak bisa memastikan jam berapa Rizieq tiba.

"Kita belum dapat informasi jamnya, tapi insya Allah hari ini tiba di Tanah Air. Ya bisa siang, sore, atau malam nanti," tutur Slamet, Rabu.

Dia menegaskan, Rizieq akan bersikap kooperatif terhadap sejumlah kasus yang ditangani penyidik Polda Metro Jaya, termasuk soal dugaan pornografi yang juga melibatkan tersangka makar Firza Husein.

Rizieq telah dipanggil sebagai saksi terkait kasus tersebut, tetapi tidak hadir. Beberapa saat setelah pemanggilan, Rizieq dikabarkan pergi ibadah umrah ke Tanah Suci. Pihak Rizieq pun meminta penjadwalan ulang pemeriksaan.

"Karena Habib Rizieq ibadah umrah kita minta dijadwalkan ulang. Tapi kalau sudah sampai Tanah Air, ada panggilan, insyaallah akan hadir," tegas Slamet.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus mengaku tidak tahu tentang keberadaan Rizieq Shihab. Selama penanganan kasus penghinaan terhadap Pancasila, penyidik memang tidak meminta Imigrasi mencegahnya ke luar negeri.

"Memang tidak dicekal," kata Yusri kepada Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini