Sukses

Gempa 5 SR Goyang Garut Jawa Barat

Guncangan gempa bumi ini juga dirasakan warga di wilayah Bogor dan Citeko.

Liputan6.com, Bandung - Gempa bumi berkekuatan 5 Scala Richter dengan kedalaman 65 kilometer terjadi di laut 85 kilometer arah Barat Daya Kota Garut, Jawa Barat.

Lindu tersebut dirasakan guncangannya oleh orang yang sedang diam (MMI II) dan menyebabkan benda bergerak (MMI III) itu di wilayah Garut, Sukabumi, Sukanegara, Pangalengan dan Muaragede.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Mochamad Riyadi, guncangan lemah juga dilaporkan dirasakan di wilayah Bogor dan Citeko.

"Gempa bumi ini tercatat baik oleh peralatan BMKG dan di beberapa daerah tersebut terdapat laporan dari warga setempat merasakan adanya goncangan gempa bumi," kata Mochamad Riyadi melalui keterangan resminya di laman BMKG, Bandung, Kamis, 11 Mei 2017.

Mochamad Riyadi mengatakan, dilihat dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi pada pukul 15.51 WIB tersebut memiliki kedalaman menengah akibat sub induksi lempeng Indo - Australia ke bawah lempeng Eurasia di Selatan Jawa Barat.

Berdasarkan pemantauan BMKG selama satu jam terakhir pasca gempa bumi terjadi, belum ada gempa bumi susulan.

"Untuk itu kepada masyarakat pesisir selatan Jawa Barat dihimbau agar tetap tenang mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," ujar Riyadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.