Sukses

Dibesuk Fadli Zon, Baasyir Keluhkan Layanan Kesehatan di Lapas

Fadli Zon juga menyoroti kurangnya SDM khususnya petugas pengamanan lapas tersebut.

Liputan6.com, Bogor - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyambangi Lapas Gunungsindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dalam kunjungannya tersebut, dia menerima keluhan dari sejumlah narapidana, termasuk dari narapidana terorisme Abu Bakar Baasyir.

Salah satu fasilitas yang dikeluhkan adalah pelayanan kesehatan yang belum memadai. Klinik di lapas tersebut tidak ada tempat tidur untuk narapidana yang sakit.

Padahal, hasil laporan dari pihak lapas sendiri, saat ini ada sekitar 20-30 warga binaan yang sedang sakit.

"Keluhan dari warga binaan termasuk dari Ustaz Abu Bakar Baasyir akan saya sampaikan ke Kemenkum HAM," terang Fadli usai meninjau Lapas Gunungsindur, Rabu (10/5/2017).

Selain fasilitas kesehatan, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra menyoroti kurangnya SDM khususnya petugas pengamanan lapas tersebut. Meskipun pengamanannya ditambah personel Brimob, ia menyarankan perlu ada penambahan petugas untuk menjaga tahanan seperti kasus terorisme dan narkoba.

"Saat ini petugas pengamanan hanya ada 15 orang bertugas mengamankan 848 napi. Itu pun dibagi 3 regu," beber dia.

Secara umum, Fadli menilai dari sisi gedung dan fasilitas lapas yang memiliki luas tanah 36.000 meter persegi ini sudah cukup baik. Begitu juga dengan fasilitas pengamanan yang super maksimum.

"Secara umum sih sudah bagus. Gedungnya juga tinggi dan setiap sudut ada CCTV jadi tidak mungkin napi bisa kabur," terang Fadli.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.