Sukses

Setya Novanto Dukung Pemerintah Bubarkan HTI

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memastikan rencana pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) melalui proses pengadilan. Ketua DPR Setya Novanto mendukung pembubaran HTI.

"Kalo soal ini (pembubaran HTI) ini malah saya memberikan apresiasi kepada pemerintah yang begitu cepat menyelesaikan dan membubarkan HTI ini," kata dia, di Gedung DPR RI Senayan Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2017).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengumumkan pembubaran organisasi masyarakat Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Keputusan ini disampaikan usai rapat terbatas tingkat menteri di jajaran Kemenko Polhukam.

"Mencermati pertimbangan di atas serta menyerap aspirasi, maka pemerintah perlu mengambil langkah hukum secara tegas untuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia," ujar Wiranto di kantornya, Senin, 8 Mei 2017.

Keputusan ini diambil setelah Presiden Jokowi meminta ormas yang bertentangan dengan Pancasila untuk dikaji keberadaannya. Wiranto kemudian mengumpulkan seluruh pimpinan instansi terkait guna membahas lebih dalam hal tersebut.

Siang ini kemudian dilakukan finalisasi proses pengkajian terhadap HTI. Seluruh ormas di Indonesia harus berada dalam koridor hukum, baik tujuan, ciri, dan asas yang bermuara pada ideologi Pancasila dan UUD 1945.

"Ini merupakan kajian yang komprehensif dari berbagai kementerian dan lembaga dalam lingkup Kemenko Polhukam RI," Wiranto memungkas.