Sukses

Buka Kongres PMII, Jokowi Akan Terbang Kunjungi Palu

Polda Sulteng telah melakukan persiapan pengamanan kunjungan Jokowi, dengan menggelar apel di halaman Masjid Agung Kota Palu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan membuka Kongres ke-19 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Masjid Agung Darussalam, Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada 16 Mei 2017.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan Jokowi akan datang ke Palu bersama beberapa menteri Kabinet Kerja. Rencananya Jokowi akan berada di Palu selama dua hari.

"Sementara menunggu pembukaan Kongres PMII, kami menyiapkan beberapa acara bagi bapak Presiden antara lain meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu dan Pelabuhan Pantoloan Palu serta Bandara Mutiara Sis Aldjufri Palu," ujar Longki seperti dilansir dari Antara, Selasa (9/5/2017).

Agenda utama Kongres PMII ini adalah memilih pengurus baru serta 'Deklarasi Palu untuk Indonesia Damai.'

Sementara itu, Polda Sulteng mulai melakukan persiapan pengamanan kunjungan Jokowi, dengan menggelar apel di halaman Masjid Agung Kota Palu, Selasa pagi.

Keterangan yang diperoleh dari Bagian Protokoler Pemprov Sulteng menyebutkan, Gubernur Sulteng telah menggelar rapat persiapan kunjungan Presiden tersebut dengan berbagai pihak.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Selasa pagi berkunjung ke Palu selama tiga jam untuk melihat dari dekat kondisi Bandara Mutiara Palu dan Pelabuhan Pantoloan.

"Kunjungan bapak menteri ini ada kaitannya dengan rencana kedatangan bapak Presiden Jokowi," kata Haris, Kepala Bagian Protokoler Kantor Gubernur Sulteng.

Ketua Bappeda Sulteng Patta Tope yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Sulteng Abdul Haris Renggah menjelaskan bahwa Pemprov Sulteng telah mengusulkan kepada Menhub untuk perpanjangan landas pacu Bandara Mutiara Sis Aldjufri Palu dari 2.515 meter menjadi 3.000 meter agar bisa didarati pesawat berbadan lebar yang biasa mengangkut jamaah haji ke Tanah Suci.

Untuk perpanjangan landas pacu itu, kata Patta Tope, perlu ada pembebasan lahan sekitar 20 hektare sehingga dana yang dibutuhkan untuk perpanjangan landasaan pacu ini adalah sekitar Rp 700 miliar.

"Kami berharap kunjungan Menhub dan bapak Presiden nanti akan memperkuat komitmen membangun Bandara Mutiara Sis Aldjufri dan Pelabuhan Pantoloan Palu dengan memanfatakan dana APBN, yang dicapai dalam rapat terbatas dengan Menhub di Jakarta beberapa hari lalu," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi