Sukses

Polisi Kawal Ketat Hakim dan Jaksa Sidang Vonis Ahok

Polisi akan mengawal ketat majelis hakim dan jaksa sidang vonis Ahok.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi akan mengawal ketat majelis hakim dan jaksa sidang vonis Ahok yang akan digelar hari ini, Selasa (9/5/2017). Pengamanan ketat jelang sidang vonis perkara dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tersebut untuk menjamin keamanan kepada majelis hakim dan jaksa dari segala bentuk ancaman.

"Kita harapkan beliau-beliau yang mengawali sidang ini, majelis hakim dan yang lain-lain itu tidak ada masalah untuk mengambil keputusan dalam sidang tersebut," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Polisi Rikwanto di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Senin 8 Mei 2017.

Polisi juga menyiagakan sejumlah kendaraan taktis, salah satunya mobil Barracuda. Kendaraan besar itu nantinya digunakan untuk mengevakuasi majelis hakim dan jaksa sidang vonis Ahok, hingga terdakwa, dari berbagai ancaman yang ada.

"Ya salah satunya Barracuda. Memang itu SOP. Kalau ada hal seperti ini sudah kita siapkan. Jadi apabila ada emergency kita gunakan, kalau enggak, ya enggak dipakai," tutur Rikwanto.

Dia menuturkan, sebenarnya, para penggawa yang menyidangkan kasus Ahok tetap hadir ke Auditorium Kementerian Pertanian dengan menggunakan kendaraan pribadinya. Kendaraan taktis digunakan jika dalam keadaan mendesak.

"Kalau emergency ada rencana untuk escape. Tapi tidak kita sampaikan, teknisnya dari pihak keamanan sendiri," ucap Rikwanto.

Kepolisian berharap sidang vonis Ahok besok berjalan lancar, aman, dan damai. Meski demikan, pihaknya tetap siaga dengan segala kemungkinan yang ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini