Sukses

Saluran Irigasi di Kabupaten Humbang Hasudutan Perlu Diperbaiki

Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo memimpin kunjungan kerja ke Kabupaten Humbang Hasudutan, Sumatera Utara.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo mengatakan saluran irigasi di Kabupaten Humbang Hasudutan, Sumatera Utara perlu diperbaiki agar dapat meningkatkan produktivitas pertanian. Banyak infrastruktur irigasi tak terawatt, sehingga mengganggu produktivitas pertanian setempat.

“Salah satu kendala di Kabupaten Humbang Hasudutan ada pada sistem irigasi yang tidak terawat. Kami berharap, pemerintah daerah setempat segera melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk memperbaiki sistem irigasi ini,” kata Edhy Prabowo saat memimpin kunjungan kerja ke Kabupaten Humbang Hasudutan, Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut politisi Partai Gerindra itu, mengatakan, karena kendala saluran irigasi yang tidak terawat tersebut, maka ada sekitar 5000 hektar lahan pertanian belum bisa digarap oleh masyarakat. Padahal, sektor pertanian di sini sangat potensial.

“Pertanian di Humbang Hasudutan berpotensi untuk dikembangkan, seperti kopi, tanaman pangan, termasuk tanaman perkebunan dan tanaman holtikultura. Namun, selama ini terkendala pada sistem irigasi,” jelasnya.

Edhy mendesak Bupati Kabupaten Humbang Hasudutan segera berkoordinasi dengan pihak terkait, yaitu Kementerian Pertanian, Kementerian Desa, dan Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merehabilitasi akses irigasi tersebut. Pemda juga diharapkan bisa membantu memberikan sarana prasarana untuk mengembangkan lahan tidur. Dengan begitu, perekonomian masyarakt juga meningkat

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.