Sukses


Ma'ruf Berharap Kedaulatan Rakyat Terwujud Dalam Keseharian

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono berharap kedaulatan rakyat dapat terwujud dalam kehidupan keseharian.

Liputan6.com, Jakarta Di hadapan ratusan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Yarsi dalam acara Seminar Pendidikan dengan tema 'Pancasila Sebagai Pedoman Berkehidupan dan Penunjang Pembangunan Negara Indonesia, Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono membacakan puisi cinta Indonesia. Beberapa baris puisi tersebut antara lain:

Masih Indonesiakah kita, setelah sekian lama banyak jatuh bangun.
Setelah sekian banyak terbentur dan terbentuk.
Masihkah kita meletakkan harapan di atas kekecewaan, persatuan di atas perselisihan

Musyawarah di atas amanah, kejujuran di atas kepentingan.
Ataukah ke-Indonesiaan kita telah pudar tinggal slogan? Tidak...!!
Karena nilai-nilai itu kita lahirkan kembali, kita bumikan dan kita bunyikan dalam setiap jiwa dan manusia Indonesia.

Dari Sabang sampai Merauke, kita akan melihat gotong royong dan tolong menolong.
Kesantunan bukan anjuran akan tetapi kebiasaan dan kepedulian menjadi dorongan.

 

"Isi puisi tersebut adalah intisari dari Indonesia yang kita harapkan, Indonesia yang selama ini sudah berproses. Oleh karena itulah generasi muda sekarang tinggal melaksanakan. Laksanakan dalam kegiatan sehari-hari misal, kalau berdiskusi, bermusyawarah jangan berkelahi jangan adu urat leher sambil jungkir balik meja. Tapi, harus berdialg dengan santun dan cerdas. Ini juga harapan Indonesia ke depan agar nilai-nilai yang selama ini sudah mulai hilang bisa kembali dibunyikan dan dibumikan," katanya di di Auditorium Ar-Rahim Universitas Yarsi, Jakarta, Senin (8/5).

Dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf Cahyono juga mengingatkan para mahasiswa agar selalu belajar dan belajar tanpa bosan soal Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa lainnya.

"Ini sangat penting dipahami sebab ternyata aspek-aspek kognisi atau pengetahuan tentang Pancasila dan nilai luhur bangsa lainnya yang kelihatannya mudah tapi sesungguhnya esensinya sangat luar bjasa, kita masih kebablasan. Contoh, saya sering melihat mahasiswa dan generasi muda yang lupa syair lagu Indonesia Raya," ungkapnya.

Dikatakan Ma'ruf, jika dalam tataran hal mendasar, bangsa ini sudah peduli, memahami tanpa menganggap enteng, maka hal- hal penting lainnya menyangkut Pancasila pemahaman dan implementasinya akan menjadi sangat mudah. Dan pada akhirnya akan membentuk kepribadian yang berkarakter nasional yang kuat.

Salah satu hal yang juga harus dipahami generasi muda, lanjut Ma'ruf Cahyono, adalah soal kedaulatan. Kedaulatan tidak dipungkiri memang di tangan rakyat. Inti dari kedaulatan adalah, kedaulatan tersebut berada dimana saja. Kedaulatan rakyat diharapkan berada dimanapun, berada dalam kehidupan keseharian kita.

"Kedaulatan rakyat diharapkan berada dimanapun, berada di tataran politik, berada di tataran ekonomi, sosial budaya dan lainnya. Inti dari kedaulatan rakyat disitu," pungkasnya.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini