Sukses

Gunung Sinabung Kembali Meletus

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali meletus dan mengeluarkan asap tebal sekitar pukul 04.50 WIB.

Liputan6.com, Medan: Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali meletus dan mengeluarkan asap tebal sekitar pukul 04.50 WIB. Aktivitas gunung tersebut ditandai dengan suara gemuruh disertai dengan gempa vulkanik yang mengejutkan warga. Juga tampak asap tebal keluar dari puncak gunung. Warga yang tengah berada di rumah-rumah mereka tampak mengambil sikap waspada di depan rumah mereka, demikian juga yang berada di lokasi-lokasi pengungsian. Guncangan gempa vulkanik yang diserta suara gemuruh terjadi sekitar satu menit.

Gunung Sinabung meletus pertama kali pada Minggu (29/8) dinihari pukul 00.08 WIB serta mengeluarkan asap dan abu tebal yang disertai lontaran lava pijar. Gunung tersebut kembali meletus dan mengeluarkan abu tebal Senin (30/8) pagi sekitar pukul 06.27 WIB. Akibat musibah itu, puluhan ribu warga telah diungsikan ke sejumlah lokasi yang dianggap aman dengan radius minimal enam kilometer dari kaki gunung itu. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini