Sukses

Sekjen PDIP: Lawan Radikalisme dengan Memberantas Ketidakadilan

Pancasila yang digali Bung Karno adalah antitesa terbaik terhadap radikalisme.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan pentingnya Pancasila untuk dihikmati dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila dengan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan sebagai satu bangsa, musyawarah dan keadilan sosial adalah kepribadian kita," kata Hasto dalam acara Rakorda PDIP Maluku di Ambon, Senin (8/5/2017).

Dia menegaskan, ketika ada pihak-pihak tertentu yang ingin memaksakan kehendak dengan kebenarannya sendiri, nilai kemanusiaan itu akan menjadi sobek.

"Kader PDIP bekerja sama dengan komponen bangsa lain yang telah berkeringat membangun republik seperti Muhammadiyah, NU, Polri dan TNI siap menjadi benteng Pancasila sebagai pemersatu bangsa," ujar dia.

Menanggapi berbagai gerakan radikalisme yang marak akhir-akhir ini, Hasto menegaskan radikalisme akan luntur oleh perjuangan kemanusiaan dan perjuangan menciptakan keadilan sosial.

"Kita adalah patriot bangsa yang harus menyatu dalam seluruh napas kehidupan rakyat Indonesia. Kita adalah partai dengan ideologi Pancasila, bukan lainnya," tegas dia.

PDIP berkeyakinan Pancasila yang digali dari Indonesia oleh Bung Karno adalah antitesa terbaik terhadap radikalisme. Untuk itu harus terus-menerus ditingkatkan untuk rakyat.

"Sebab senjata yang paling ampuh adalah persatuan dengan rakyat. Karena itulah, skala prioritas yang harus kita lakukan adalah mengatasi berbagai bentuk ketidakadilan, kebodohan, dan kemiskinan," beber dia.

Untuk itulah, lanjut Hasto, sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, PDIP harus berjuang sehebat-hebatnya mengatasi berbagai ketidakadilan. Sebab, ketidakadilan menjadi lahan subur tumbuhnya radikalisme.

Dalam perjuangan ini pula, tambah Hasto, Presiden Jokowi sudah mengambil langkah-langkah tepat melalui program pembangunan yang diorientasikan pada pemerataan, yakni dengan membangun dari pinggiran, dari daerah-daerah.

"Pancasila adalah jalan kehidupan kita sebagai bangsa Indonesia. Hukum harus berdiri kokoh dan aparat TNI dan Polri serta Kejaksaan Agung harus bertindak tegas melawan berbagai gerakan yang berniat mengganti dasar negara kita," tegas Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.