Sukses

Ahok: Pak Jokowi Saja Tidak Pernah Masuk Busway

Padahal, kata Ahok, pelat nomor RI yang dipakai Jokowi boleh melintasi jalur Transjakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku tidak pernah masuk ke jalur Transjakarta atau busway meski sedang macet. Menurut Ahok, ia ingin mencontohkan disiplin kepada warga agar jalur tersebut tetap steril.

"Enggak (pernah masuk busway) ah. Macet ya macet. Kan kita yang larang-larang masuk busway," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin (8/5/2017).

Ahok melanjutkan, bahkan Presiden Joko Widodo sekalipun tidak pernah masuk ke jalur Transjakarta, meski mobil berpelat RI diizinkan lewat.

"Ya kita harus disiplin, bahkan Pak Jokowi, kita kasih pelat RI boleh masuk busway. Khusus pelat RI, Pak Jokowi pun enggak pernah masuk karena kita pengen steril," kata Ahok.

Menurut Ahok, bila jalur Transjakarta steril maka akan semakin banyak warga pindah ke moda transportasi umum.

"Kalau busway steril orang akan suka naik bus. Saya aja kalau macet mau ke selatan saya berapa kali naik busway. Justru kesel kalau sudah naik busway, tapi tetap di jalanan," kata Ahok.

Ahok menjelaskan, yang diizinkan lewat jalur steril itu adalah mobil berpelat RI, ambulans, dan pemadam kebakaran.

"Jadi konsep busway itu, supaya kalau macet orang butuh ambulans, kecelakaan atau apa pun yang buru-buru, yang penting ya boleh pakai. Tapi itu juga buat pejabat RI, saya pun gubernur enggak boleh pakai. Jadi kita enggak lewat untuk edukasi," kata Ahok.

Diketahui sebelumnya, Wakil Gubernur DKI terpilih Sandiaga Uno bersama rombongannya lewat jalur Transjakarta usai penetapan calon terpilih KPU DKI. Saat itu, Sandi terburu-buru ingin datang ke acara syukuran kemenangan bersama relawan di Posko Cicurug.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini