Sukses

Tawa Petani dan Nelayan Dapat Hadiah Sepeda Jokowi

Jokowi sempat menceritakan dirinya yang sukses menaikan harga jual jagung di pasaran

Liputan6.com, Jakarta - Seperti biasanya dalam setiap kunjungan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagi-bagikan hadiah sepeda. Kali ini, giliran petani dan nelayan di Aceh yang memperoleh kesempatan menerima hadiah dari Jokowi.

Pemberian hadiah itu dilakukan Jokowi di sela membuka Pekan nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh, Sabtu (6/5/2017).

"Apa ada petani jagung di sini. Saya minta kepada petani jagung untuk dua orang saja silakan naik ke panggung utama," kata Jokowi.

Dikutip Antara, Jokowi meminta petani yang maju tersebut untuk memperkenalkan diri dan menceritakan capaian dan harga jual yang dinikmati oleh petani jagung dan coklat selama ini.

Jokowi lalu menceritakan harga jagung di pasaran yang semula berada di angka Rp 1.500 sampai Rp 1.700 per kilogram, namun ketika dirinya mengeluarkan Inpres jagung dengan harga beli di pasaran Rp 2.700 per kilogram.

"Saya merasa senang mendengar harga beli jagung lebih tinggi di pasaran dan saya berharap apa yang dilakukan petani ini dapat memotivasi petani-petani di kabupaten/kota lainnya di Indonesia," kata Jokowi.

Beragam ekspresi yang diperlihatkan petani yang diberi kesempatan mendekati Presiden di panggung utama tersebut juga membuat para tamu undangan dan peserta yang memadati Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh ikut tertawa.

Ada yang meminta foto bersama Presiden dan saat mengambil hadiah yang diberikan Presiden ada di antara mereka yang mengayuh langsung sepeda tersebut di depan lapangan yang juga mendapat gelak tawa Presiden Jokowi dan peserta Penas KTNA.

Dalam kunjungan ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu Presiden Jokowi turut didampingi ibu Iriana dan sejumlah menteri kabinet kerja.

Penas KTNA yang berlangsung di Aceh, 6-11 Mei 2017 tersebut diperkirakan dihadiri 35 ribu peserta dari seluruh provinsi di Tanah Air yang dipusatkan Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh.

Terima Lencana Emas

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menerima penghargaan lencana emas Adhi Bhakti Tani Nelayan Maha Utama dari Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan.

Penyerahan lencana emas kepada Presiden Jokowi tersebut diberikan langsung oleh Ketua KTNA Nasional, Winarno Tohir, di sela pembukaan Penas KTNA XV.

"Penas KTNA ini merupakan sarana berbagi pengalaman ilmu antara petani dan nelayan yang ada di seluruh Tanah Air serta untuk meningkatkan daya saing," kata Winarno.

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga memberikan penghargaan Satya Lencana Wirakarya dan Satya Lencana Pembangunan kepada para petani berprestasi dan gubernur, bupati dan wali kota.

Penghargaan kepada petani dan kepala daerah tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini