Sukses


Lagu Membangkitkan Rasa Nasionalisme di Kota Paling Toleran

Liputan6.com, Jakarta Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Salatiga menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan menggelar acara pentas seni budaya dengan tema “Penguatan Budaya Untuk Mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika” Melalui Lomba Lagu-Lagu Nasionalisme. Dilaksanakan di Aula SMA Negeri 3 Salatiga, Jl. Kartini No. 34 Salatiga, Sidorejo, Jawa Tengah, Sabtu (6/5/2017).

Acara Lomba Lagu-Lagu Nasionalisme ini dihadiri oleh anggota MPR RI Drs. H. Fadholi (Fraksi Partai Nasdem), Wali Kota Salatiga Drs. Achmad Rofai MSi., Kepala Biro Humas Setjen. MPR RI Siti Fauziah SE, MM. Kepala Sekolah SMAN 3 Salatiga Yuliati Eka Atmojo, Rektor Unika Satyawacana, Kajari, Kapolres, Dandim dan ratusan pelajar dan masyarakat dari Kota Salatiga dan sekitarnya.

Mewakili Pimpinan MPR RI, Drs. H. Fadholi mengatakan kegiatan Lomba Lagu-Lagu Nasionalisme ini merupakan bagian dari Sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara), yang dilakukan dengan berbagai metode dan Sosialisasi melalui Lagu di kota Salatiga ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia, ujarnya.

Fadholi menjelaskan bahwa untuk membangkitkan rasa nasionalisme kepada para generasi muda salahsatunya adalah melalui seni budaya Lomba Lagu-Lagu Nasionalisme, kegiatan ini merupakan penjabaran dari nilai-nilai yang terkandung dalm Pancasila agar rasa nasionalisme generasi bangsa Indonesia akan lebih kuat tertanam dalam jiwanya.

Sementara itu Walikota Salatiga Drs. Achmad Rofai MSi mengatakan mengapresiasi serta mendukung MPR mengadakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di kota Salatiga melalui Lomba Lagu-Lagu Nasionalisme serta mengajak masyarakat dan para generasi muda berpartisipasi untuk melestarikan budaya sebagai jatidiri bangsa agar lebih mencintai tanah air Indonesia dan menjaga persatuan NKRI, serta berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan di kota yang dinobatkan sebagai salahsatu kota paling toleran di Indonesia, ujar Achmad.

Kepala Biro Humas Setjen. MPR RI Siti Fauziah SE, MM. Mengatakan pelaksanaan sosialisasi Empat Pilar MPR RI melalui lagu merupakan pertama kali dan dilaksanakan di Salatiga ini. Sosialisasi dengan metode seni budaya Lomba Lagu-Lagu Nasionalisme ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Salatiga. Pagelaran seni budaya ini untuk memahami dan reaktualisasi terhadap nilai-nilai Pancasila, dalam pemahaman terhadap Empat Pilar MPR RI kepada masyarakat.

Siti Fauziah menambahkan pagelaran melalui seni budaya kegiatan Lomba Lagu-Lagu Nasionalisme adalah salah satu bentuk apresiasi dan langkah konkret MPR RI dalam melestarikan warisan budaya yang telah menjadi kekayaan intelektual bangsa Indonesia untuk membangkitkan rasa nasionalisme para generasi muda.

 

(*)

Artikel Selanjutnya
Momen Harkitnas, Kuningan Gelar Orkestra 5.000 Angklung
Artikel Selanjutnya
UGM Deklarasikan Diri sebagai Universitas Pancasila