Sukses

Sukarno dan Jokowi, Presiden RI yang Kunjungi Tapeleo Halmahera

Sebelum Jokowi, hanya presiden pertama Indonesia Sukarno yang telah datang ke Halmahera Tengah untuk kepentingan mempertahankan Irian Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Jokowi akan menjadi presiden kedua Republik Indonesia yang mengunjungi bumi Fagogoru, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, pada Senin 8 Mei 2017. Sebelum Jokowi, hanya presiden pertama Indonesia Sukarno yang telah datang ke Halmahera Tengah untuk kepentingan merebut kembali Irian Barat dari tangan kolonial Belanda.

Agenda kedatangan Presiden ke-7 Indonesia di Desa Tapaleo, Kecamatan Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, untuk meresmikan Pelabuhan Laut Tapaleo sekaligus dirangkaikan dengan peresmian Pelabuhan Laut Bicoli, dan Pelabuhan Laut Wayabula.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (6/5/2017), segala persiapan menyambut kedatangan Jokowi di tanah yang berjuluk Negeri Kepulauan Rempah itu sudah dilakukan.

Protokol Kepresidenan RI Ide Agus Satria mengatakan, yang menjadi titik inti dari kunjungan Jokowi adalah Pelabuhan Laut Tapaleo, Kecamatan Patani Utara. Dia menjelaskan, kunjungan Jokowi tidak hanya roadshow ke Maluku Utara, melainkan ke Aceh, kemudian Banjarmasin dan Batu Licin, Kalimantan Selatan.

"Untuk Maluku Utara, Senin, 8 Mei 2017. Diharapkan presiden lepas landas dari bandara Syamsudin Nur Banjarmasin itu pukul 09.30 Wita dan tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate pukul 13.00 WIT. Dari bandara, presiden langsung menuju rumah makan untuk jamuan makan siang," ungkap Ide Agus.

Naik Helikopter

Ide Agus mengatakan, setelah jamuan makan siang dilakukan, Jokowi akan menuju Kabupaten Halmahera Tengah menggunakan helikopter dan tiba di helipad lapangan gelanggang Batu Dua, Kabupaten Halmahera Tengah, langsung menuju ke pesisir pantai Desa Tapaleo untuk agenda peresmian.

"Dari lokasi pelabuhan langsung menuju lokasi penyerahan kartu KIP PMT, pemberian makanan tambahan program keluarga harapan, dan KIS hingga selesai pukul 14.50 WIT menuju helipad semula, dan selanjutnya lepas landas helipad pukul 16.20 WIT menuju Ternate," kata dia.

Setelah itu, Jokowi akan langsung menuju lokasi penyerahan sertifikat tanah 2017 di lokasi pelabuhan Perikanan Nusantara, Kelurahan Bastiong, Kecamatan Ternate Selatan, pukul 17.40 WIT. "Satu jam dari acara tersebut, langsung menuju hotel tempat menginapnya presiden pukul 18.40 WIT," imbuh Ide Agus.

Pada Selasa, 9 Mei pukul 07.30 WIT, Jokowi akan menuju ke Bandara Sultan Babullah Ternate dan lepas landas menuju Bandara Sentani Jayapura.

Abdul Gani Kasuba, Gubernur Maluku Utara, ketika dikonfirmasi Liputan6.com mengatakan, pemerintah di daerah dan masyarakat 100 persen siap menyambut kedatangan RI di bumi Moloku Kieraha, sebutan lain provinsi Maluku Utara.

Meski begitu, gubernur mengemukakan kekecewaannya kala rakor persiapan kedatangan RI 1 tidak dihadiri Bupati Halmahera Tengah M Ali Yasin dan Bupati Halmahera Timur Rudi Erawan.

Gani berharap kepada seluruh kepala daerah terutama Halmahera Tengah, Halmahera Timur, dan Kota Ternate serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah selalu menjaga komunikasi dan koordinasi dalam rangka menyukseskan agenda kunjungan Presiden Jokowi.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini