Sukses

Pengembangan Pariwisata Harus Perhatikan Aspek Pendidikan

Liputan6.com, Jakarta Potensi pariwisata di Indonesia cukup besar, sehingga beberapa daerah mengembangkan potensi pariwisata yang ada di daerahnya, salah satunya Provinsi Nusa Tenggara Barat dimana daerah tersebut fokus pembangunannya pada dua sektor yaitu pariwisata dan pertanian. NTB yang merupakan daerah gugusan pulau-pulau tentu memiliki daya tarik tersendiri terutama potensi pariwisatanya.

Pengembangan pariwisata tersebut tentu harus memperhatikan aspek-aspek sosial maupun pendidikan bagi masyarakat sekitar. Sebagamana dikatakan Ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsya saat memimpin Tim Kunker Komisi X DPR ke Pulau Gili Trwangan Lombok mengatakan bahwa Pulau Gili Trwangan salah satu prioritas dari distinasi pariwisata yang diterapkan oleh pemerintah.

Lebih lanjut, Riefky sampaikan bahwa prioritas destinasi pariwisata seperti Gili Trawangan jangan sampai melupakan aspek pendidikan bagi masyarakat sekitarnya, pendikan bagi masyarkat tersebut tentu ssangat penting di dalam mendukung pengembangan pariwisata daerah tersebut.

“Pendidikan bagi masyarakat di daerah prioritas destinasi pariwisata sangat penting, jangan sampai masyarakat lokal hanya sebagai penonton dan justru dari luar daerah tersebut yang mengembangkan pariwisata,” ungkap Riefky.

“Kedepan Kemendikbud dan Kemenpar perlu bersinergi, terutama di daerah yang menjadi prioritas destinasi pariwisata, tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur semata namun perlu dibangun dari Sumber Daya Manusia masyarakat sekitar, sehingga kesejahteraan masyarakat sekitar dilibatkan dan roda perekoniman terus berkembang,” ungkapnya.

Politisi Partai Demokrat ini juga berharap, perhatian terhadap sekolah kejuruan khususnya yang berkaitan dengan pariwisata bisa lebih diperhatikan, karena masih ditemukan sekolah kejuruan yang memiliki kekurangan sarana dan prasarana untuk praktik., disisi lain daerah tersebut merupakan daerah prioritas pariwisata.

(*)

Artikel Selanjutnya
Green Hotel Award Perkuat Konsep Pariwisata
Artikel Selanjutnya
ISTA 2017 Dorong Pengelola Wisata Terapkan Konsep Berkelanjutan