Sukses

Konflik Indonesia-Malaysia Tidak Dibicarakan di KTT ASEAN

Menteri Luar Negeri malaysia Datuk Ketegangan Datuk Seri Anifah Anan menyatakan, Konflik antara Indonesia dan Malaysia tidak memenuhi syarat sebagai subyek wacana diplomatik. Anifah menyerukan gar masalah ini tidak perlu untuk membawa masalah tersebut ke KTT Asean."

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Menteri Luar Negeri malaysia Datuk Ketegangan Datuk Seri Anifah Anan menyatakan, Konflik antara Indonesia dan Malaysia tidak memenuhi syarat sebagai subyek wacana diplomatik. Anifah menyerukan gar masalah ini tidak perlu untuk membawa masalah tersebut ke KTT Asean."

Menurut Menlu Anifah, Masalah kedua negara dapat diselesaikan lewat pertemuan dirinya dengan Menlu Marty Natalegawa 6 September mendatang. Ketegangan antara kedua negara terjadi akibat oleh aksi protes baru-baru ini di depan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta oleh Front Rakyat Demokratik untuk memprotes penangkapan dugaan tiga perwira maritim Indonesia oleh polisi Malaysia di perairan laut Riau.

Sementara Menteri dalam negeri malaysia Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein berharap, kedua negara bisa menempuh jalur diplomatik untuk mengakhiri ketegangan. "Kedua negara adalah tetangga dan masalah-masalah teritorial akan bisa dihindari, tetapi mereka harus diperlakukan dengan kebijaksanaan dan kedewasaan," tambahnya. Mantan Perdana Menteri Dr Mahathir Mohamad digambarkan para demonstran sebagai agresif, dan berkata Malaysia tidak harus menjadi seperti mereka. "Ini adalah hal yang kecil dan kita bisa mengatasinya tanpa agresi apapun," katanya. (Bernama/ARI)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini