Sukses

MA Bakal Terima Perwakilan Massa Aksi 5 Mei Besok

MA menyerahkan sepenuhnya kepada kepolisian terkait teknis pengamanan aksi 5 Mei.

Liputan6.com, Jakarta - GNPF MUI akan menggelar aksi jalan kaki usai salat Jumat di Masjid Istiqlal menuju gedung Mahkamah Agung (MA) pada Jumat 5 Mei besok atau disebut aksi 5 Mei.

Pihak MA mengaku tidak mempermasalahkan aksi tersebut. Bahkan nantinya, MA akan menerima perwakilan dari GNPF MUI.

"Ya protapnya, MA menerima perwakilannya," ucap Kepala Biro hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur, kepada Liputan6.com, Kamis (4/5/2017).

MA, ia menjelaskan, menyerahkan sepenuhnya kepada kepolisian terkait teknis pengamanan aksi 5 Mei.

"Koordinasi ya seperti biasa kepada Polri. Otomatis kalau pengamanan itu kan Polri. Saya kira Polri yang akan lakukan itu dan kita serahkan sepenuhnya pengamanan (aksi 5 Mei)," jelas Ridwan.

Sebelumnya, anggota GNPF MUI akan menemui pemimpin MA. Pertemuan tersebut untuk menuntut majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjaga independensi dalam memutus perkara penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara akan menggelar sidang vonis Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang menjadi terdakwa penodaan agama pada 9 Mei 2017.

Polda Metro Jaya telah menerima pemberitahuan dari GNPF MUI terkait rencana aksi 5 Mei. Aksi damai tersebut diperkirakan berjumlah sekitar 10 ribu orang.

Bahkan, Polda Metro Jaya telah menyiapkan 15 ribu personel untuk mengamankan aksi 5 Mei. Soal pengamanan, Polda Metro juga akan dibantu dari TNI dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.