Sukses

Ikut Majukan Pendidikan, 4 Polisi Raih Penghargaan

Atas prestasi dan pengabdian keempat polisi ini, Kapolri Tito Karnavian memberikan penghargaan berupa tiket untuk mengikuti pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada empat polisi. Mereka diberi penghargaan lantaran dalam kesehariannya selain bertugas sebagai seorang Bhabinkamtibmas, juga berperan memajukan pendidikandi wilayah tugasnya. Keempat Bhabinkamtibmas tersebut adalah:

1. Brigadir Hudson Siahaan, Bhabinkamtibmas Polsek Sekayam, Polres Sanggau-Kalbar, atas perannya menyelenggarakan perpustakaan keliling bagi anak-anak di perbatasan Indonesia-Malaysia, dengan menggunakan sepeda motor dinas dari desa ke desa.

2. Brigadir Dahmanto, Bhabinkamtibmas Desa Taman Indah, Polres Lombok Tengah-NTB, atas perannya meningkatkan minat baca warga kecamatan Pringgarata dengan menjadikan mobil Suzuki Escudo miliknya sebagai perpustakaan keliling bagi warga setempat.

3. Brigadir Arthur Hurulean, Bhabinkamtibmas Polres Maluku Tenggara, Maluku, yang telah berperan membuat perpustakaan mini di Pos Yanmas Bhabinkamtibmas dan Satpol PP pada Pasar Langgun, Maluku Tenggara.

4. Brigadir Almuhalid, Bhabinkamtibmas Polres Buton, Sultra, atas perannya dalam mendirikan rumah baca bagi masyarakat anak-anak di Desa Bajo Bahari, Buton.

Bahkan, para Bhabinkamtibmas ini telah diundang Presiden Joko Widodo dalam sebuah pertemuan di Istana Presiden, bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional Selasa 2 Mei lalu.

"Keempat anggota Polri ini berdasarkan penilaian yang dilakukan secara tertutup oleh Kemendikbud dan Staf Presiden, dianggap telah berhasil meningkatkan mutu baca masyarakat melalui perpustakaan keliling yang mereka gagas," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto di Jakarta, Rabu 3 Mei 2017.

Mereka, kata Rikwanto, dinilai telah berbuat melebihi panggilan tugas karena selain melaksanakan tugas pokoknya sebagai anggota Polri, juga turut berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Atas prestasi dan pengabdian yang mereka lakukan, Tito Karnavian memberikan penghargaan berupa tiket untuk mengikuti Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi. Walau secara administratif, tambah Rikwanto, mereka seharusnya belum bisa mengikuti jenjang pendidikan tersebut.

"Kapolri sangat menghargai ketulusan para Bhabinkamtibmas ini dalam melayani masyarakat, dan penghargaan yang diberikan diharapkan dapat memotivasi para Bhabinkamtibmas lainnya di seluruh Indonesia untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan," tandas Rikwanto.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.