Sukses

Tinjau Lapas Kelas IIA Palu, Komisi III Terima Aspirasi Napi

Liputan6.com, Jakarta Komisi III DPR melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Petobo, Palu, Sulawesi Tengah guna mengecek keadaan lapas dari aspek keamaan hingga pembinaan yang dilakukan pada Selasa, (02/05/2017).

Kunjungan Komisi III ini kemudian dimanfaatkan oleh narapidana untuk berbagi kisah terkait keadaan lapas. Sekitar satu jam, para anggota Komisi III DPR RI melihat dari dekat UPT Lapas anak dan perempuan, ruang keterampilan, dapur umum, dan ruang-ruang tahanan. Sejumlah warga binaan memanfaatkan kunjungan Komisi III ini untuk mencurahkan isi hati mereka.

"Pak kami minta keadilan agar ditegakkan," kata warga binaan kasus tororisme yang dihukum 5 tahun penjara. Ia meminta Komisi III DPR membantu mereka, agar teman-temannya yang ditahan di Lapas di sejumlah kota di Indonesia yang memiliki keluarga dan istri serta anak dikembalikan ke Sulteng.

"Ada beberapa teman kami yang menjalani masa hukuman di luar daerah seperti di Manado, Nusa Tenggara, dan Maluku untuk dikembalikan dekat dengan keluarganya," ujar salah satu narapidana.

Ketua Tim Kunker Komisi III Benny K Harman pun merespon aspirasi tersebut. Ia berjanji akan menindaklanjutinya dalam rapat dengan pemerintah pusat.

"Ya untuk itu kami datang ke sini. Salah satunya agar bisa mendapat informasi dan mendengar langsung apa yang menjadi keluhan warga binaan," ujar Benny.

Turut serta dalam kunjungan ini, Risa Mariska, Agun Gunandjar, Nawafie Saleh, Supratman Andi Agtas, Moreno Soeprapto, Erma Suryani Ranik, Abdul Kadir Karding, Bahrdin Nasori, TB Soenmandjaya, dan Ahmad Ali. Ikut mendampingi kunjungan ini antara lain Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, Provinsi Sulteng Iwan Kurniawan dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Tholib.

(*)

Artikel Selanjutnya
Menteri Kabinet Kerja Hadiri Tasyakuran Harlah ke-19 PKB
Artikel Selanjutnya
Golkar: Usung Jokowi di Pilpres 2019 Harga Mati