Sukses

Abu Vulkanik Gunung Sinabung Menyembur 4 Kali Hari Ini

Terkait erupsi ini, masyarakat dimbau untuk tidak beraktivitas di radius 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung.

Liputan6.com, Medan - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terus menunjukkan aktivitas vulkanik. Terbaru, gunung api berstatus Awas level IV ini lembali menyemburkan abu vulkanik.

Petugas Pos Pengamat Gunung Sinabung Asrori mengatakan, sepanjang Rabu ini, Gunung Sinabung tecatat sudah empat kali erupsi. Pertama pukul 01.25 WIB, kemudian pukul 05.09 WIB, selanjutnya pukul 09.22 WIB.

"Yang keempat siang tadi, pukul 11.51 WIB," kata Asrori, Rabu (3/5/2017).

Dijelaskannya, erupsi yang terjadi sebanyak empat kali ini tidak disertai awan panas guguran. Erupsi mengarah ke wilayah barat dan barat daya.

"Semburan abu vulkanik tertinggi terjadi pukul 11.51 WIB dengan ketinggian abu vulkanik mencapai 1.500 meter," jelas Asrori.

Terkait erupsi ini, dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak beraktivitas di radius 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung. Kemudian sektor utara dan timur 4 kilometer, sektor timur tenggara 6 kilometer dan selatan tenggara 7 kilometer.

"Erupsi susulan masih bisa terjadi. Masyarakat diminta selalu waspada dan mengikuti arahan dari pihak terkait. Cuaca saat ini cerah dan puncak gunung terpantau dari pos," Asrori menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.