Sukses

Kapolri Bentuk Satgas Pangan Jelang Ramadan dan Idul Fitri

Tak hanya itu, di tingkat Polda juga dibentuk Satgas Pangan yang dipimpin langsung Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus).

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian membentuk Tim Satgas Pangan untuk membantu menstabilkan harga pangan dan sembako saat puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Satgas akan dipimpin Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto.

"Hasil rakor kesediaan pangan untuk Ramadan prinsipnya cukup baik produksi dalam negeri maupun dukungan ekspor. Persoalan rantai distribusi adanya spekulan, monopoli ini yang terjadi. Untuk itu, dibentuk Satgas Mabes Polri dipimpin Irjen Pol Setyo Wasisto," kata Tito Karnavian di Gedung Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (3/5/2017).

Tak hanya itu, di tingkat Polda juga dibentuk Satgas Pangan yang dipimpin langsung Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus). Nantinya, Dirkrimsus akan bekerja sama dengan Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, dan instansi lainnya.

"Mereka akan preventif sampai penegakan hukum. Nanti akan evaluasi setiap dua minggu, sudah sampaikan Dirkrimsus. Kalau ada ungkapan di ekspose Mabes pun diekspose untuk memberikan efek jera," tutur Kapolri.

Pembentukan satgas ini merupakan hasil dari koordinasi Menteri Dalam Negeri, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, Ketua KPPU, Kapolda, Kapolres se-Indonesia dan beberapa bupati dan wali kota melalui video conference di Mabes Polri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.