Sukses

Jokowi Dapat Apresiasi Dunia Jaga Demokrasi Lewat Pilkada DKI

Jokowi akan menyampaikan secara resmi menerima keputusan KPU yang menetapkan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta yang baru.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Kabinet Pramono Anung memastikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyampaikan secara resmi menerima keputusan KPU yang menetapkan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta yang baru. Hal ini akan dilakukan setelah KPU resmi mengumumkan pemenang Pilkada DKI Jakarta, 5 Mei mendatang.

"Presiden tentunya secara resmi akan menerima gubernur terpilih setelah KPU memutuskan, dan rencananya 5 Mei," kata Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Sebelum penyampaian secara resmi, Jokowi bahkan sudah meyakinkan pada para investor, bahwa Gubernur DKI Jakarta yang baru juga cakap memimpin. Hal ini tentu hasil dari proses pilkada yang berjalan lancar.

"Alhamdulillah Pilkada DKI yang struggle (penuh perjuangan) dan tarik-menarik sangat kuat terselesaikan secara baik," imbuh dia.

Situasi ini tentu juga berdampak pada iklim investasi di Jakarta maupun Indonesia secara keseluruhan. Mengingat selama ini, dunia luar melihat persaingan sengit di tingkat bawah. Tapi, nyatanya Indonesia bisa menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi melalui Pilkada DKI Jakarta.

"Ini terbukti bukan hanya di Hong Kong, di KTT ASEAN Presiden Jokowi juga mendapatkan apresiasi dari pemimpin lain karena mampu mengonsolidiasikan demokrasi secara baik. Ini bukan hanya semata-mata prestasi pemerintah. Ini adalah prestasi kita sebagai bangsa yang sudah dewasa menghadapi perbedaan," Pramono memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017