Sukses

Tetap Kokoh Setelah Lima Abad

Di Pulau Jawa, Masjid Sang Cipta Rasa di Cirebon merupakan salah satu yang tertua dan hingga kini masih kokoh berdiri.

Liputan6.com, Cirebon: Di Cirebon, Jawa Barat, terdapat sebuah masjid yang bersejarah dan sangat tua, yaitu Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Di Pulau Jawa, masjid ini salah satu yang tertua dan hingga kini masih kokoh berdiri. Bayangkan saja, masjid ini dibangun pada tahun 1480 atau lebih dari lima abad silam.

Menurut Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arif Natadiningrat, arsitek dan 200 pekerja untuk pembangunan masjid ini datang dari Majapahit setekah diutus Sultan Demak, Raden Patah. Jadi, tidak heran jika dilihat sepintas masjid ini sangat kental dengan budaya Jawa.

Tak hanya itu, pembangunan masjid ini juga diawasi oleh Wali Songo agar mencapai hasil yang maksimal, antara lain oleh Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, Sunan Kudus, dan Sunan Ampel. Tidak heran hingga kini kayu-kayu yang menyangga masjid masih dipertahankan. "Di bagian-bagian tertentu memang kita tambahkan besi untuk memperkuat," ujar Sultan Sepuh.

Berkaitan dengan Ramadan, masjid ini punya kekhasan, yaitu drugdag. Tradisi ini adalah memukul bedug saat akan dimulainya puasa serta saat malam takbiran. Selain itu, setiap malam selama Ramadan, dari pukul 12 malam hingga sahur bedug juga akan dipukul.(ADO)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini