Sukses

Para Siswa Ini Harus Melewati Sungai yang Dalam untuk Berangkat Sekolah

Miris. Demi bersekolah, para siswa ini harus menyeberangi sungai sedalam leher orang dewasa tanpa alat transportasi

Liputan6SCTV, Sumatera Selatan Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Begitulah pepatah yang sering kita dengar agar kita mempunyai semangat dalam belajar. Seperti semangat yang dimiliki pada siswa SD ini. Mereka harus bertaruh nyawa hanya untuk mencapai sekolah.

Siswa Sekolah Dasar di Labuhan Batu Selatan, Sumatera Utara harus berjuang untuk pergi ke sekolah dengan menyeberangi sungai selebar 15 meter. Setiap pergi ke sekolah, para siswa SD ini harus menjinjing sepatu mereka, yang kemudian baru bisa mereka kenakan sesaat sampai di sekolah.

Untuk sampai di sekolah, para siswa SD ini harus dibantu oleh warga yang ikhlas menggendong bolak-balik setiap siswa yang ingin menyeberang. Zulkarnain Siregar, seorang warga yang tanpa pamrih menggendong siswa SD dan hanya berpegangan dengan seutas tali untuk menyeberangi sungai tersebut.

Beginilah potret miris pendidikan di Indonesia di Hari Pendidikan Nasional 2017. Meskipun sudah 72 tahun merdeka, namun masih saja terdapat hambatan untuk masyarakat pelosok mendapatkan pendidikan. Para guru di Labuhan Batu berharap, pemerintah dapat bertindak segera agar siswanya tidak terputus semangat menuntut ilmu.