Sukses

'Tikus-Tikus' Ramaikan Peringatan Hari Buruh di Jakarta

Tikus-tikus tersebut dipasang mengelililingi miniatur bola dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan 'tikus got' meramaikan peringatan Hari Buruh Internasional 2017 yang jatuh hari ini, Senin (1/5/2017).

Puluhan hewan pengerat itu bukanlah binatang sungguhan. Mereka adalah ornamen yang dibawa massa Kasbi dalam peringatan May Day ini.

"Ini adalah simbol pejabat Indonesia yang korupsi. Mereka tidak memperhatikan bagaimana nasib rakyatnya, khususnya di kalangan bawah seperti kami (buruh)," kata salah seorang peserta aksi saat berjalan menuju kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (1/5/2017).

Tikus-tikus tersebut dipasang mengelililingi miniatur bola dunia. Mereka terpasang di beberapa titik negara yang ada di peta bola dunia itu. Paling banyak tikus berdiam di peta Indonesia.

Sempat terjadi kericuhan kecil antara barisan buruh dan polisi. Sebabnya, para buruh diminta tidak berorasi di depan mobil polisi yang saat itu berjaga. Kericuhan berhasil diredam dan para buruh dapat kembali berorasi setelah dimediasi.

Sementara itu, seorang buruh perempuan bernama Ani terjatuh saat berada di barisan aksi.

Melihat Ani yang terjatuh, rekan sesama buruh langsung membawa Ani ke tepian jalan dan kemudian dievakuasi dengan mobil Kasbi yang digunakan untuk kendaraan medis. (Liputan6.com/Rahman Naufal & Arief Kamaluddin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini