Sukses

Jalur Tegal - Purwokerto Ambles, Kendaraan Mengular Hingga 15 KM

Untuk mengurai kemacetan akibat jalan ambles di jalur Purwokerto - Tegal, polisi memberlakukan sistem buka tutup di titik proyek flyover.

Liputan6.com, Bumiayu - Sejak Sabtu kemarin hingga siang ini, arus lalu lintas di jalur utama Tegal - Purwokerto, Jawa Tengah macet total. Kemacetan akibat jalan ambles.

Jalan ambles itu berada di jalur utama penghubung antara jalur tengah dan jalur selatan. Tepatnya di sekitar proyek flyover Kretek Paguyangan Brebes.

Menurut informasi yang dihimpun Liputan6.com, Minggu (30/4/2017), kemacetan dari arah Tegal lebih dari 15 kilometer, hingga jalan lingkar Bumiayu.

Sementara dari arah Purwokerto, kemacetan mengular hingga lebih dari 15 kilometer hingga perbatasan Brebes Banyumas.

Kepolisian berupaya mengurai kemacetan dengan mengalihkan kendaraan, supaya tidak masuk ke jalur tengah. Sedangkan, sejumlah kendaraan kecil memilih melewati jalan alternatif melewati perkampungan.

Project Manager Flyover Kretek dari PT Adhi Karya Kusno Eriyanto mengatakan, jalan ambles akibat kendaraan berat masih melintas di jalur tersebut.

"Sebenarnya kan sudah terpampang jelas pengumumannya, bahwa kendaraan berat tidak boleh melintas karena ada proyek flyover," ujar Kusno, di lokasi, Minggu (30/4/2017).

Menurut Kusno, papan pengumuman larangan kenderaan berat itu sudah terpasang di persimpangan jalan menuju jalur tengah. Misalnya di Pejagan, Klonengan, Ajibarang, dan sejumlah titik lainnya.

Kusno menjelaskan, setengah badan jalan kurang lebih 2,5 meter dikeruk untuk keperluan pembangunan tiang flyover. Namun, kendaraan besar masih saja melewati jalur itu, hingga jalan ambles.

"Kendaraan besar yang masih saja lewat jalur itu, kemudian jalan tidak kuat menahan beban, sisa badan jalan ambles hingga kedalaman lebih dari satu meter," dia menegaskan.

Untuk memperbaiki jalan ambles itu, Kusno menyebutkan, pihaknya sedang membuat pondasi dan menguruk jalan dengan tanah.

"Mudah-mudahan bisa segera rampung pemasangan blok atau pondasi ini. Kami masih terus mengupayakan percepatannya, apalagi saat ini arus lalu lintas kendaraan padat di saat long weekend," ujar dia.

Jalur Alternatif

Untuk mengurai kemacetan, polisi memberlakukan sistem buka tutup di titik proyek flyover. Polisi juga mengalihkan kendaraan supaya tidak masuk ke jalur tengah.

Bagi kendaraan pribadi roda empat dari arah utara ke selatan (Bumiayu ke Purwokerto), bisa melewati jalur alternatif melalui Negaradaha - Kretek - Penisihan - Pertigaan Kaligua - Paguyangan.

Adapun dari dari arah sebaliknya, selatan ke utara (Purwokerto ke Bumiayu) bisa melewati Paguyangan - Pakujati - Pengasinan - Damsari, hingga pertigaan Jalan Lingkar Bumiayu.

Pilihan lainnya untuk menghindari jalan ambles jika masih berada di Purwokerto, pengendara bisa melalui jalur Belik - Pemalang - Jalur Pantura. Begitu juga sebaliknya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini