Sukses

Gunung Sinabung Meletus

Setelah sehari sebelumnya mengeluarkan debu tebal, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut, Sabtu malam, meletus. Akibatnya, ribuan warga terpaksa kembali mengungsi menyelamatkan diri.

Liputan6.com, Karo: Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Sabtu (28/8) pukul 23.30 WIB, memuntahkan lahar panas. Koresponden SCTV, Yudhistira, merekam muntahan lahar panas tersebut di puncak Gundaling Brastadi, sekitar 40 kilometer dari kaki gunung tersebut.

Warga yang tinggal di sekitar lereng gunung panik. Mereka menyelamatkan diri ke kota. Suasana kota yang sebelumnya terlihat sepi mendadak dipadati para pengungsi. Apalagi, muntahan lahar juga diikuti hujan debu yang sempat menyelimuti kota.

Saat ini, ribuan warga ditampung di Jambur, di tepi jalan lintas Medan-Brastagi dengan kondisi memprihatinkan. Menurut salah seorang warga, saat Gunung Sinabung meletus, sempat diikuti suara ledakan berulang kali hingga terdengar dari radius puluhan kilometer.

Sebelum memuntahkan lahar panasnya, sehari sebelumnya Gunung Sinabung sempat menunjukkan peningkatan aktivitas yang ditandai dengan hujan debu. Karena mengira tidak ada letusan, warga yang tinggal di sekitar kaki gunung sempat kembali ke kampung halamannya dan meninggalkan pengungsian [baca: Gunung Sinabung Keluarkan Asap, Ribuan Warga Mengungsi].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini