Gunung Sinabung Meletus

  • Daerah
  • 0
  • 29 Agu 2010 05:25

100829agunung-sinabung.jpg
Liputan6.com, Karo: Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Sabtu (28/8) pukul 23.30 WIB, memuntahkan lahar panas. Koresponden SCTV, Yudhistira, merekam muntahan lahar panas tersebut di puncak Gundaling Brastadi, sekitar 40 kilometer dari kaki gunung tersebut.

Warga yang tinggal di sekitar lereng gunung panik. Mereka menyelamatkan diri ke kota. Suasana kota yang sebelumnya terlihat sepi mendadak dipadati para pengungsi. Apalagi, muntahan lahar juga diikuti hujan debu yang sempat menyelimuti kota.

Saat ini, ribuan warga ditampung di Jambur, di tepi jalan lintas Medan-Brastagi dengan kondisi memprihatinkan. Menurut salah seorang warga, saat Gunung Sinabung meletus, sempat diikuti suara ledakan berulang kali hingga terdengar dari radius puluhan kilometer.

Sebelum memuntahkan lahar panasnya, sehari sebelumnya Gunung Sinabung sempat menunjukkan peningkatan aktivitas yang ditandai dengan hujan debu. Karena mengira tidak ada letusan, warga yang tinggal di sekitar kaki gunung sempat kembali ke kampung halamannya dan meninggalkan pengungsian baca: <a href="http://berita.liputan6.com/daerah/201008/293527/Gunung.Sinabung.Keluarkan.Asap.Ribuan.Warga.Mengungsi">Gunung Sinabung Keluarkan Asap, Ribuan Warga Mengungsi</a>

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler