Sukses

Cak Imin Targetkan PKB Tembus 3 Besar Pileg 2019

Untuk mewujudkan hal itu, dia mengatakan PKB harus mampu bersanding dengan partai besar lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menargetkan partainya menembus tiga besar dalam kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Guna mencapai target tersebut, PKB siap menyasar para pemilih pemula.

"Kita akan bekerja terus, posisi PKB hari ini ada di posisi lima, kita akan berusaha sekuat tenaga bisa di peringkat dua atau tiga. Dengan basis keagaman kultural, ditambah generasi pemilih pemula, jadi target kita insya Allah tercapai," kata pria yang karib disapa Cak Imin itu di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Sabtu (29/4/2017).

Cak Imin memaparkan, ada tiga tahapan untuk mencapai target PKB ini, pertama yakni proses perekrutan para calon anggota legislatif, kedua adalah struktur kepartaian, dan ketiga adalah para kader PKB itu sendiri.

"Karena pilpres dan pileg ini bersamaan, jadi kita harus hati-hati menetapkan caleg dan capres PKB. Kalau Capres mutlak harus yang bisa menambah elektabilitas partai. Jadi siapa pun yang ditempelkan ke PKB bisa nambah suara, itu akan kita ajak," terang dia.

Untuk mewujudkan hal itu, dia mengatakan PKB harus mampu bersanding dengan partai besar lainnya.

"PR (pekerjaan rumah) setelah Rakornas PKB yaitu harus hadir di tataran atas dengan PDIP, Golkar, dan Gerindra. Jadi PKB bukan hanya terbesar di level menengah tapi juga masuk di tataran level pertama," jelas Cak Imin.

Tidak Mengumbar Kepalsuan

Karenanya, dia ingin langkah kemenangan PKB tidak mengumbar kepalsuan. Namun sebaliknya, dapat memberi jawaban pasti dalam menjawab persoalan masyarakat.

"Selain (harapan) menang pemilu, kemenangan sejati adalah yang memberi jawaban persoalan di seluruh sendi, ideologi, ekonomi, keagamaan, politik," tegas Cak Imin.

Ketum PKB ini menyindir bahwa kandidat terpilih yang dicalonkan nantinya tidak hanya mengumbar isu-isu mainstream. Tetapi, bisa menghadirkan sebuah kejelasan ideologi dan membantu menyelesaikan problematika bangsa.

"Insya Allah, tokoh PKB tidak hanya jualan taman kota, isu jomblo atau kepalsuan yang tidak menyentuh hati masyarat, tapi harus membangun kesejahteraan dengan basis ideologi jelas dan dapat selesaikan pekerjaan rumah bangsa dan negara," tegas dia.

Pilkada Jabar 2018

Sedangkan terkait dengan gelaran Pilkada Jabar 2018, Cak Imin mengatakan partainya lebih berkonsentrasi dalam mengajukan nama calon wakil gubernur. Tiap nama yang diusung akan diajak berdiskusi sebelum penentuan pilihan.

"Semua calon sudah kita ajak diskusi. Jadi sampai hari ini PKB belum bisa tentukan pilihan. Kita terutama menyiapkan wakil gubernurnya, jadi mereka akan ditempelkan ke para calon gubernurnya," kata Cak Imin.

Dia lantas menyebut beberapa nama cawagub Jawa Barat yang siap diusung, seperti KH Maman Imanulhaq, Helmy Faishal Zain, dan Cucun Syamsu Rizal. "Ini nama-nama yang nanti kita persilakan (sebagai cawagub Jabar)," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini