Sukses

Guncangan Gempa 5,5 SR Tak Dirasakan Warga Tulungagung

Tidak ada laporan kerusakan akibat gempa bumi yang berpusat di kedalaman laut itu

Liputan6.com, Tulungagung - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung, Jawa Timur, memastikan tidak ada laporan kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 5,5 skala Richter (SR). Bahkan, guncangannya pun dirasakan sangat tipis di wilayah Tulungagung dan sekitarnya.

"Guncangannya di wilayah Tulungagung, Trenggalek dan sekitarnya tidak begitu terasa. Alhamdulillah aman, tidak ada laporan dampak kerusakan," kata Kepala BPBD Tulungagung, Suroto saat dikonfiirmasi, Sabtu (29/4/2017).

Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,5 SR terjadi pada pukul 17.02 WIB. Pusat gempa terletak pada 9,62 LS dan 111,83 BT, tepatnya di laut pada jarak 162 km arah Barat Daya Tulungagung pada kedalaman 23 km. Kawasan pesisir paling dekat adalah wilayah Kalidawir dan Besuki.

"Masyarakat di wilayah pesisir juga beraktifitas seperti biasa karena tetap aman-aman saja. Kalau ada dampak kepala desa setempat pasti segera melaporkan, sejauh ini aman," tutur Suroto.

Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Musripan membenarkan jika guncangan gempa itu tak dirasakan masyarakat yang berada di wilayah terdekat pusat titik gempa.

"Sejauh ini aman, bahkan di tempat kami juga tak merasakan. Masyarakat tetap tenang," tutur Musripan.

Berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi, Klimatolgi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi di selatan Jawa ini jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa bumi dangkal dan memiliki mekanisme sesar naik. Berdasarkan kekuatannya, tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini